Kenangan memang akan selalu terasa begitu manis ketika kita tengah berusaha mengingatnya atau terkadang tanpa sengaja sekedar terlintas dalam ingatan, terlebih ketika ada sebuah kejadian yang mengingatkan kita pada peristiwa masa lalu seperti sebuah tempat, barang pemberian, foto dsb. Ketika kenangan yang teringat ini adalah sesuatu yang menyenangkan mungkin secara tidak sadar kamu akan tersenyum sendiri, merindukan saat-saat itu terulang kembali dan muncul keinginan untuk mengulang dan kembali pada masa itu.

Ya, terjebak pada romasa kenagan masa lalu. Namun sebaliknya jika masa lalu yang kamu ingat adalah sesuatu yang buruk, menyakitkan dan menyedihkan kamu akan berusaha keras untuk melupakan hal tersebut karena ketika kamu mengingatnya hatimu kembali merasa sakit hati, kecewa, terluka bahkan trauma. Jangankan sengaja mengingat, hanya terpintas sejenak saja sudah membuat dada begitu sesak dan tanpa sadar tubuh reflek untuk menghela napas panjang.

Inilah salah satu respon alamiah tubuh dalam merespon emosi yang terjadi. Nah, sebelum imajinasimu terberai jauh pada sebuah kenangan bersama sahabat, keluarga dan pasangan namun yang akan kita bahas di sini adalah kenangan dalam hubungan percintaan.

Ya, memang benar ketika seseorang yang Tuhan hadirkan ini begitu banyak memberikan warna-warni dalam hidup, di mana ketika dia setiap saat selalu berusaha memberikan yang terbaik untukmu, selalu membuatmu tertawa bahagia, ada yang memperhatikanmu setiap waktu, nyaman untuk bercerita keluh kesah serta selalu menerimamu apa adanya sehingga kamu merasa menjadi wanita istimewa untuknya, dia seolah telah menjadi sosok idealmu yang selalu kamu idamkan.

Kemudian setelah menjalin hubungan begitu lama dengan intensitas pertemuan yang luar biasa sehingga keduanya saling tergantung. Apa yang terjadi jika keduanya kemudian putus? Sulit melupakan dan sulit move on? Mengapa demikian? Ya, sulit melupakan dan sulit move on adalah hal yang wajar ketika kamu mengalaminya. Karena semakin lama usia berpacaran dengan intensitas pertemuan yang begitu sering bahkan mungkin hampir setiap hari tentu saja akan sangat membekas di memori pikiranmu, belum lagi soal hati yang berhiaskan cinta semakin semakin hari semakin bertambah dan semakin kuat.

Advertisement

Karena pasanganmu begitu banyak memberikan kenangan indah saat bersamamu sehingga begitu putus yang sering kamu ingat adalah keindahan masa lalu saat bersamanya, bahkan mungkin ketika hadir sosok lain yang mendekati tanpa sengaja kamu akan membandingkan rasa dengan masa lalumu yang jelas akan berbeda. Ada Istilah “mantan selalu terlihat indah dan baik setelah sudah putus?" Nah, jangan sampai terjebak oleh pikiran seerti itu, karena bisa jadi ketika kamu memutuskan untuk kembali padanya semua akan kembali seperti semua.

Karakter asli akan kembali muncul. Bukan maksud hati menjustifikasi lho ya, ini hanya mengingatkan saja sebelum kamu memutuskan untuk balikan dengan mantan pikirkan dan pertimbangkanlah kembali. Kamu punya hak bahagia meski bukan dengannya. Tapi tahukah kamu setiap masa lalu adalah sebuah proses hidup, terdapat banyak sekali hikmah yang sebenarnya dapat dipelajari dari setiap yang telah terjadi untuk menjadi lebih bijak dalam menjalani hidup.

Salah satunya ialah kita akan lebih berhati-hati saat hendak memilih seseorang untuk mengisi hati dan teman hidup, lebih bijak dalam menilai dan mengambil keputusan agar tidak jatuh pada kesalahan yang sama. Setiap orang yang datang kepadamu telah memiliki perannya masing-masing untukmu baik itu antagonis maupun protagonis keduanya sebenarnya datang selalu membawa hikmah jika kamu dapat berpikir dan memahaminya.

Tidak ada pertemuan yang kebetulan semua telah diatur olehNya. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk move on dari masa lalu yaitu terimalah terlebih dahulu semua masa lalu itu suka maupun duka kemudian maafkanlah diri sendiri dan larunglah semua kenangan itu karena ia takkan pernah kembali. Pahamilah bahwa move on tidak selalu mendapatkan pengganti, move on adalah kamu dapat bangkit dan beranjak dari suatu kondisi yang dalam hal ini adalah masa lalu.

Karena jika kamu memahami move on dengan mendapatkan pengganti, berhati-hatilah karena bisa jadi dia hanyalah pelampiasaan dari emosi sesaatmu karena bagaimanapun hatimu perlu kamu stabilkan dulu agar kondisinya kembali netral dan siap untuk memilih dan menjalin hubungan bersama orang lain. Untuk membantu proses penetralan hati kamu dapat memulai dengan membuang/membakar semua benda yang berkaitan dengan masa lalu itu.

Kemudian membatasi link dengan orang yang bersangkutan dengan masa lalu, jangan di salah artikan memutuskan silaturahmi ini hanya membatasi. Hal tersebut mungkin terasa tidak mudah bagimu tapi percayalah ketika niatmu kuat untuk meninggalkan masa lalu semua itu mampu kamu lakukan dan semua itu akan berdampak untuk prosesmu meninggalkan masa lalu.

Jika kamu tetap menyimpan barang yang berkaitan dengan masa lalu setiap saat ketika kamu melihat barang tersebut tanpa kamu sadari pikiran bawah sadarmu akan segera mengimajinasikan kenangan indah maupun sedih di masa lalu karena alam bawah sadar tidak mengenal benar salah dan alam bawah sadar tidak dapat membedakan mana realitas dan mana imajinasi.

Untuk benar-benar move on setiap orang memiliki proses masing-masing dan bagaimana hal yang mempengaruhinya. Ada yang begitu mudah melupakan dan memaafkan masa lalunya sehingga hidupnya akan segera baik-baik saja. Namun ada juga orang yang memerlukan perjuangan ekstra untuk move on baik dengan alasan terlalu mencintai, sudah lama berhubungan dan sejauh apa hubungan itu telah mereka bangun dan perjuangkan.