Mengapa ini semua terjadi? Apakah ada alasan dibalik semua ini? Mengapa hanya aku yang mengalami ini? Pertanyaan yang cukup familiar ya, sadar atau tidak kita selalu bertanya tanya dalam hati atau pun kita ucapkan sekeras yang kita mampu tentang hal ini.

Satu hal buruk saja yang menimpa kita, kita pasti akan mempertanyakan nya. Seakan akan tidak rela ini terjadi dan mungkin ingin orang lain juga merasakan apa yang kita rasakan pada saat ini.

Tetapi, semua ini tidak perlu kita ketahui di awal, cukup jalankan tanpa rasa ragu.

Tidak semua hal harus dijelaskan di awal.

Jika kamu menjadi prajurit di medan perang, sebelum berperang kamu sudah tahu akan kalah dan gugur di sana, akan kah kamu mau turun ke medan perang jika sudah tahu hasil akhir nya? Aku jamin pasti tidak jawaban nya.

Advertisement

Lalu pertanyaan sederhana yang tabu untuk ditanyakan dan banyak orang tidak mengerti apa jawaban dari pertanyaan dan inti dari pertanyaan tersebut, “Kenapa kita dilahirkan di dunia?”. Apakah pada saat kita lahir ke dunia kita langsung tahu alasan kita dilahirkan? Aku yakin pasti tidak, karena kita harus melakukan perjalanan yang cukup panjang untuk mencari tahu jawaban dari “Kenapa kita dilahirkan di dunia?”.

Aku pribadi mungkin sudah sedikit bisa mendefinisikan apa alasan dari pertanyaan ini, mungkin ibu ku berdoa agar diberikan kebahagiaan oleh tuhan, dan tuhan mengirimkan aku sebagai perpanjangan tangan nya. Oleh karena itu apakah aku tega membuat nya sedih? Sedangkan alasanku dilahirkan adalah untuk memberikan kebahagiaan?.

Banyak bertanya membuatmu kehilangan waktu berharga.

Memang ada pepatah yang mengatakan, “Malu bertanya sesat dijalan”. Namun, banyak bertanya juga belum tentu kamu mengerti karena orang yang kamu tanyakan itu belum tentu paham akan diri kamu sendiri. Jika ingin bertanya, tanyakanlah pada dirimu sendiri.

Cari tahu sendiri kenapa bisa begini, kenapa bisa begitu, kenapa harus aku, kenapa bukan dia saja. Kamu akan lebih mengerti jika kamu mencari tahu semua sendiri, tidak akan ada orang yang benar benar mau membantu mu di dunia nyata, kamu hanya punya diri kamu sendiri.

Ketika semua sudah terjawab, kamu akan bertanya lagi “Kenapa dulu aku sering mempertanyakan nya?”

Kamu akan tahu bahwa untuk apa bersedih, untuk apa khawatir, untuk apa larut dalam kesedihan jika akhir nya akan seperti ini walaupun kamu tidak membayangkan akan hal ini dimasa lalu.

Elemen kejutan inilah yang membuat hidup ini menyenangkan untuk dihuni. Seperti para pejuang kemerdekaan, mereka tidak akan berjuang sedemikian keras nya jika sudah tahu bahwa mereka sudah pasti akan bisa merebut kemerdekaan, perjuangan terjadi karena probabilitas antara iya dan tidak sangat dipertanyakan.

Everything doesn’t have to be figured out in the beginning, venture out by yourselves to find out why.