1 katanya, 7 hurufnya, banyak artinya. Sebut saja itu "Sahabat".

Persahabatan itu hal yang biasa kita dapatkan disekolah ya? apalagi kita wajib sekolah selama 12 tahun. Hampir setengah hari bahkan lebih kita habiskan waktu disekolah, dengan orang orang yang kita panggil dengan sebutan teman. Bayangkan setiap hari kita bertemu mereka yang itu itu saja, dengan kegiatan yang itu itu saja.. iya, kegiatan belajar. Setiap hari yang kita pelajari adalah pelajaran umum, tapi tanpa kita sadari persahabatan itu tidak diajarkan disekolah, semuanya terjalin secara cuma cuma, hanya karna sering bertemu, sering tegur sapa, dan sering menghabiskan waktu bersama.

Sejak SD sampai SMP yang aku tau hanya pergi,belajar,lalu pulang, jarang ada kata main jarang ada kata kumpul. Dan sekarang ketika memakai seragam putih abu, serasa lebih banyak mainnya daripada belajarnya, sahabatpun lebih banyak aku dapatkan. Aku mempunyai sekumpulan anak anak gila disekolah, yang lebih enak kusebut keluarga. Ketika menghabiskan waktu bersama, walaupun hanya beberapa kepala namun ricuhnya seperti anak TK melihat badut, entah aku atau mereka yang gila, tapi realita persahabatan anak putih abu itu menyenangkan, mungkin kalian pernah atau bahkan sedang mengalami ya?

Sekarang aku lebih banyak keluar ketika libur, ya semenjak punya sekumpulan anak anak gila itu. Disaat anak muda lain pergi ke pantai melihat matahari terbenam, aku diculik jauh sampai ke atas gunung, sama sama meninggalkan jejak, namun kebersamaan memang lebih terasa ketika mendaki, bukan dipasir lembut namun ditanah yang kadang berlumpur.

Jangan coba coba menghitung seberapa banyak langkah kaki, karna pasti akan terasa lelah. Cukup saling menggenggam, menarik dari atas dan mendorong dari bawah. Mengumpulkan banyak memori, untuk dikenang nanti dimasa kita tak lagi muda. Biar arus angin terus berlalu membawa serta pertemuan yang terhapus masa, namun tidak dengan kenangannya, kenangan antara aku dan kalian dalam sebuah kata yang banyak artinya. Yaitu persahabatan.