Pernahkah kamu menggerutu karena hari Jumat lama sekali tiba, atau hari Senin terlalu cepat datang, atau bel pulang sekolah yang tak kunjung berbunyi? Yep, itu pertanda bahwa kamu sudah bosan dengan sekolah dan ingin cepat liburan! Bahkan kalau kebosananmu sudah tahap akut, mungkin kamu memilih bolos saja.

Tapi tahu gak sih, kalau ternyata sekolah itu tidak selamanya membosankan lho. Terutama kalau gurunya asyik dan cara mengajarnya tidak monoton. Di Jepang, salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, gambaran sekolah yang asyik itu bisa kamu temukan dalam 5 anime berikut. Simak, ya.

1. Great Teacher Onizuka

Anime yang meraih popularitas fenomenal di Jepang ini memang mengisahkan dinamika sekolah dengan karakter utama yang tidak biasa. Onizuka adalah mantan anggota geng motor yang urakan. Kesan yang timbul dari dirinya tentu jauh dari syarat layak seorang guru.

Bahkan motivasi awal Onizuka untuk menjadi seorang guru pun di luar dugaan. Onizuka ingin menjadi guru, sehingga mampu menggaet gadis-gadis sekolah yang muda dan menarik. Namun, siapa yang menyangka, Onizuka mempunyai hati nurani dan moral yang baik.

Motivasi negatifnya berubah menjadi keinginan tulus menjadi seorang pendidik. Lambat laun Onizuka menyadari betapa mirisnya moral guru yang mencoba memanfaatkan keluguan murid wanita untuk keinginan pribadi. Terlebih bicara soal eksploitasi seksual yang dahulu membuatnya tergiur.

Advertisement

Maka, lahirlah karakter guru hebat ala Onizuka. Mungkin secara kasat mata dia tidak tampak sehebat guru lainnya. Tetapi, kepeduliannya atas para siswa membuatnya menjadi guru yang disukai.

Dalam kesehariannya mengajar, Onizuka kerap memberikan nasehat perihal ilmu terpenting. Ilmu mengenai bagaimana menjalani hidup. Alih-alih hanya berfokus pada nilai akademik, Onizuka ingin muridnya memahami filosofi kehidupan.

Onizuka kemudian menjalani tantangan tatkala dirinya memutuskan bergabung sebagai guru di sekolah swasta Kichijoji. Dia dihadapkan pada kelas yang sangat berbahaya. Meskipun, akhirnya Onizuka tetap berhasil mendidik para siswa tersebut. Tentu dengan cara mengajar yang jauh dari kelaziman. Bahkan sebagian diantaranya sangat menantang bahaya dan juga melanggar hukum.

Great Teacher Onizuka berhasil memikat para penikmat anime dengan serial yang cukup panjang, yakni mencapai 43 episode. Anime yang tayang pada tahun 1999 dan berakhir pada tahun 2000 ini menyuguhkan kondisi sekolah di Jepang dengan beragam dilema yang dialami para siswa. Bagaimana, kamu tertarik menyaksikannya?

2. School Rumble

Anime yang tayang pada tahun 2004 hingga tahun 2008 ini mengambil plot tentang kisah cinta antara remaja. Mengambil latar kelas 2-C dari sekolah menengah Yagami, School Rumble menuturkan ‘cinta monyet’ dengan apik. Tokoh utama, Tenma Tsukamoto, adalah gadis yang jatuh cinta dengan teman sekelasnya yang bernama Oji Karasuma.

Tenma mengalami kesulitan untuk menyatakan perasaan kepada Oji. Di sisi lain hadirlah sosok pria bernama Kenji Harima yang diam-diam memendam rasa suka kepada Tenma. Serupa dengan gadis itu, Kenji juga tidak mampu menyatakan perasaannya kepada Tenma.

Setiap kali Kenji berupaya menyampaikan rasa sukanya, selalu ada penghalang yang menghadangnya. Seiring mengalirnya kisah, Kenji kemudian akrab dengan sahabat Tenma. Bukan cuma itu, Kenji bahkan menjalin persahabatan dengan Yakumo Tsukamoto yang tidak lain adalah adik perempuan Tenma.

Kisah berputar semakin menarik, ketika Oji kehilangan ingatannya. Mengetahui hal ini membuat Tenma berkeinginan kuat untuk menjadi dokter. Tenma bersikeras agar kelak mampu menyembuhkan Oji.

Alur yang panjang dan polemik yang sambung-menyambung menjadikan kisah ini terbilang rumit. Tapi bukan berarti membosankan, lho. Anime ini tercatat memiliki 56 episode yang menarik untuk disaksikan. Selain romantis, anime ini juga diselingi komedi yang bisa membuatmu tergelak.

3. Toradora

Kesan pertama memang bisa mengecoh. Apalagi jika tampilan matamu terlihat tajam. Tidak salah bila orang di sekitar menjadi salah paham terhadap kamu.

Inilah yang dialami oleh Ryuji Takasu. Kepribadiannya bertolak belakang dengan tatapan matanya yang terlihat kejam. Ryuji yang baru memasuki tahun keduanya di sekolah menengah menghadapi hal menyenangkan sekaligus menegangkan.

Ryuji merasa senang karena dapat sekelas dengan sahabat karibnya, Yusaku Kitamura. Bukan cuma itu, Minori Kushieda yang telah ditaksirnya pun masuk dalam kelas yang sama. Sayangnya, sahabat Minori yang terkenal kasar, Taiga Aisaka pun sekelas dengan mereka.

Kebiasaan buruk dari Taiga sudah terkenal di senatero sekolah. Selain bersikap kasar, dia juga kerap memukul orang lain. Belum cukup kejutan yang dirasakan Ryuji, Taiga ternyata tinggal di apartemen yang berhadapan dengan rumahnya. Ketidaksukaan antara mereka berdua pun semakin berkembang.

Namun, siapa sangka Taiga ternyata tertarik kepada Yusaku. Hal ini tanpa sengaja berhasil diketahui oleh Ryuji. Di saat lain, Taiga pun mengetahui rasa suka Ryuji kepada Minori. Sebagai jalan penengah, maka Taiga membuat kesepakatan dengan Ryuji.

Taiga berjanji membantu Ryuji agar semakin dekat dengan Minori, dan demikian sebaliknya. Ryuji juga membantu agar Taiga dapat bersama Yusaku. Siapa sangka, Ryuji dan Taiga yang sering menghabiskan waktu bersama justru merasa nyaman satu sama lain.

Kisah cinta terus berkembang semakin menarik. Anime yang tayang pada tahun 2008 ini akan bikin gregetan siapapun yang menonton. Jika kamu tertarik menontonnya, jangan cemas, jumlah episodenya tidak terlalu banyak. Hanya 25 episode. Silakan saksikan sendiri.

4. Silver Spoon

Judul anime ini mengingatkan kita akan istilah yang bermakna orang yang berkecukupan. Kurang lebih itulah yang menggambarkan karakter Yuugo Hachiken. Yuugo yang merasa lelah dengan tekanan dan ekspektasi orang tuanya, memutuskan untuk meninggalkan semuanya.

Yuugo kemudian mendaftar ke sekolah menengah Ooezo Agricultural, sebuah sekolah asrama yang terletak di pinggiran kota Hokkaido. Tanpa dia sangka, sekolah ini membawanya ke dunia yang sama sekali baru baginya. Yuugo kemudian berjuang keras untuk dapat mengikuti semua pelajaran.

Kisah perjuangan Yuugo mengubah paradigmanya sangat baik untuk kamu saksikan. Anime ini tayang pada tahun 2013. Jumlah episodenya sangat sedikit, yakni 11 episode. Kisah sarat makna perjuangan ini bisa kamu tonton secara daring.

5. Ultimate Otaku Teacher

Anime dengan total 25 episode ini telah tayang pada tahun 2015 lalu. Mengangkat kisah seorang otaku bernama Junichiro Kagami, Ultimate Otaku Teacher menuturkan kisah pembelajaran yang unik. Junichiro yang tergila-gila dengan anime dan manga, telah membuat risau saudarinya yang bernama Suzune.

Atas dasar itulah, Suzune mendorong Junichiro untuk menjadi guru pengganti di sekolahnya dulu. Tiada yang menyangka, Junichiro sukses mengajarkan Fisika dengan metode yang di luar kebiasaan. Yang lebih menakjubkan, metode ajar tersebut diperolehnya berkat hobinya menjadi otaku.

Kisah ini mengajarkan banyak hal. Satu diantaranya adalah, bahwa setiap orang sebenarnya mempunyai kemampuan. Dan, jika mau, kamu bisa membuat hobimu menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Itulah 5 anime tentang sekolah yang asyik dan tidak membosankan. Kalau guru-guru kamu suka nonton, coba ajak nonton anime-anime di atas, siapa tahu sekolahmu jadi asyik juga.