Anda sedang merencanakan perjalanan jarak jauh? Atau anda sedang merencanakan perjalanan didalam negeri? Namun anda bingung memilih jenis asuransi tersebut?

Hal itu memang wajar karena banyaknya jenis atau macam dari asuransi perjalanan tentunya membuat anda bingung untuk memilih asuransi mana yang cocok bagi anda.

Namun, jangan khawatir karena kami disini akan memberikan ulasan mengenai macam-macam travel insurance atau asuransi perjalanan. Bagi anda yang suka bepergian baik dalam negeri maupun luar negeri, tentunya memiliki asuransi sangat penting. Banyak sekali hal-hal yang tidak terduga yang mungkin akan banyak anda alami selama melakukan perjalanan. Tidak sedikit juga keuntungan dan kerugian apabila anda membeli produk asuransi untuk perjalanan anda.

Bagi anda yang masih bingung menentukan asuransi perjalanan mana yang akan anda pilih, mungkin beberapa informasi ini akan memberi penerangan bagi anda. Pada dasarnya, asuransi perjalanan dapat dibagi menjadi dua berdasarkan tujuan perjalanan dan berdasarkan tempat tujuan perjalanan. Banyak sekali hal yang harus anda pertimbangkan mengenai macam-macam asuransi tersebut.

Asuransi perjalanan berdasarkan tujuan perjalanan dibagi menjadi leisure trip insurance dan business trip insurance.

Advertisement

Leisure Trip Insurance ditujukan kepada orang yang melakukan perjaangan dengan tujuan berwisata misalkan untuk berlibur sedangkan business trip insurance ditujukan untuk orang yang bepergian dengan tujuan pekerjaan atau bisnis.

Tentunya kedua jenis asuransi ini mempunyai keunggulan yang berbeda pula. Pada dasarnya semua asuransi perjalanan pasti menawarkan perlindungan terhadap nasabah apabila nasabah menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kehilangan barang pribadi pemilik atau kecelakaan.

Namun, biasanya business trip insurance memberi uang resiko lebih besar daripada anda yang membeli produk leisure trip insurance. Leisure trip insurance juga biasanya dibebani biaya premi yang lebih mahal daripada business trip insurance. Namun anda jangan khawatir, sudah ada dan banyak perusahaan asuransi yang menawarkan kedua jenis asuransi ini dalam satu paket.

Jenis yang kedua adalah asuransi perjalanan berdasarkan tempat tujuan perjalanan. Maksud dari jenis asuransi ini adalah apakah tujuan perajalanan anda domestik (dalam negeri) atau tujuan anda internasional (antarnegeri).

Oleh karena itu jenis asuransi ini dibagi menjadi dua, yaitu domestic trip insurance (asuransi domestic) dan international trip insurance (asuransi internasional). Asuransi domestic adalah asuransi ketika anda melakukan perjalanan domestic atau didalam negeri sedangkan asuransi internasional adalah asuransi perjalanan jika anda melakukan perjalanan luar negeri atau internasional.

Perbedaan yang mendasar diantara kedua asuransi ini adalah biaya premi, tentunya sudah pasti asuransi internasional menawarkan harga premi yang lebih mahal dibandingkan dengan asuransi domestic. Hal tersebut adalah wajar, semakin jauh perjalanan anda pastinya semakin berpotensi juga resiko yang mungkin akan anda dapatkan ketika bepergian.

Selain kedua tipe asuransi ini, sekarang juga sudah banyak beberapa perusahaan yang menawarkan kedua jenis asuransi ini langsung dalam satu paket.

Sebenarnya masih banyak jenis asuransi perjalanan yang ditawarkan khususnya di Indonesia, macam-macam asuransi perjalanan selain berdasarkan tempat tujuan dan tujuan perjalanan diantaranya adalah asuransi berdasarkan jumlah dan jangka waktu.

Segeralah mendaftar dan asuransikan perjalanan anda agar perjalanan anda nyaman, tentram, dan tetap aman. Namun dalam memilih perusahaan asuransi, tentunya anda harus selektif mempertimbangkannya, jangan sampai anda tertipu oleh penipuan yang berkedok perusahaan asuransi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai macam-macam travel insurance, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!