Banyak yang bilang, "Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati". Tapi untuk sebagian orang, lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi. Sakit gigi sangat mengganggu, hal ini bisa di alami siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang tua sekalipun. Untuk menghindarinya, kamu harus rajin menjaga kesehatan gigi dengan rajin sikat setiap hari dan memeriksakan gigi secara teratur. Jika sudah terlanjur terjadi, ada beberapa cara untuk menghilangkannya. Berikut akan saya berikan tips untuk menghilangkan sakit gigi secara alami:

Gunakan Bawang Putih

Bawang putih adalah tumbuhan yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat didalamnya sekalipun beberapa orang mengganggap kalau bau bawang putih itu tidak sedap. Cara menggunakannya juga sederhana, kamu hanya perlu berkumur dengan air hangat yang di campur dengan beberapa suing bawang putih. Atau cara kedua kamu bisa tempelkan bawang putih yang sudah di geprek di gigi yang sakit. Zat yang terkandung didalam bawang putih dipercaya mampu meredakan rasa sakit dan membunuh kuman yang ada di area gigi yang berlubang.

Jeruk Nipis

Kandungan Vitamin C di dalam jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi. Cara menggunakannya juga cukup sederhana, kamu hanya perlu meneteskan air perasan jeruk nipis pada gigi yang sakit. tapi perlu di ingat, hal ini tidak disarankan untuk orang yang memiliki gigi yang sensitif.

Advertisement

(baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk DIET)

Garam

Garam mengandung yodium yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit. Garam juga sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu berkumur dengan air hangat di campur sedikit garam 3 kali sehari.

Biji Alpukat

Untuk yang belum tau, biji alpukat ternyata bisa di gunakan untuk menghilangkan sakit gigi. Cara menggunakannya gampang, hanya saja memerlukan waktu untuk memprosesnya. Biji alpukat di jemur di bawah terik matahari hingga kering. Setelah benar-benar kering, biji alpukat di tumbuk atau di blender sampai halus menjadi bubuk. Nah, bubuk inilah yang harus kamu tempelkan di gigi yang berlubang. Keuntungannya, bubuk ini bisa kamu simpan di tempat yang kering dan di gunakan sewaktu-waktu jika mengalami sakit gigi lagi.

Es Batu

Es batu juga berfungsi untuk menghilangkan pembengkakan dan peradangan akibat gigi yang sakit. Caranya mudah, bungkus beberapa potong es batu dengan kain atau plastik, lalu tempel di rahang bawah atau pipi dekat dengan area gigi yang sakit.

Cabai Rawit

Cabe rawit memiliki kandungan Vitamin C dan Capcasin yang bisa di gunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Caranya, kamu hanya perlu merendam cabai di dalam air hangat, kemudian gunakan kapas atau cotton bud yang sudah di celupkan ke dalam air dan tempelkan di gigi yang berlubang.

Minyak Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan yang bersifat anatesi yang berfungsi sebagai penyembuh luka dan juga memiliki kandungan anti bakteri dan antioksidan. Kamu hanya perlu membeli minyak cengkeh yang sudah jadi di apotek atau toko obat herbal. Cara menggunakannya adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak cengkeh dengan segelas air putih, lalu gunakan untuk berkumur. Kemudian, gunakan kapas yang sudah di celupkan ke minyak cengkeh lalu tempelkan ke area gigi yang berlubang.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga berkhasiat untuk menghilangkan sakit gigi. Selain mudah di temukan, cara menggunakannya juga sangat mudah. Ambil beberapa lembar daun jambu biji, kemudian tumbuk sampai halus, lalu tempelkan di gigi yang sakit. lakukan terus setiap pagi dan sore hingga sakit gigi mereda.

Nah, sederhana bukan? Sakit gigi memang bukan penyakit yang serius, tapi sangat-sangat mengganggu kegiatan kita. Kita jadi tidak bisa melakukan aktivitas, memakan makanan favorit kita, bahkan untuk berbicara pun jadi malas. Sekarang kamu sudah taku kan apa yang harus kamu lakukan jika mengalami sakit gigi? Jangan lupa share tulisan ini ke orang sekitarmu ya!