Hi maba! Hidup mahasiswa!

Untuk kalian para mahasiswa yang baru saja masuk dalam dunia perkuliahan pasti sedang merasakan revolusi yang besar dari masa SMA sebelumnya. Apa aja sih perbedaan nya?

Perbedaan yang sangat signifikan yaitu mulai dari jam kuliah, teman, hingga organisasi kemahasiswaan. Dalam hal organisasi, tak pelak memunculkan beberapa istilah “kupu-kupu atau kura-kura”. Apa maksud dari istilah tersebut? Kupu-kupu adalah kependekan dari kata kuliah-pulang yang ditujukan kepada mahasiswa yang tidak aktif dalam suatu organisasi sehingga Ia tidak memiliki kesibukan apapun. Sedangkan kura-kura adalah kependekan dari kata kuliah-rapat yang ditujukan kepada mahasiswa yang aktif dalam organisasi dan mengikuti rapat organisasi tersebut.

Sebagai mahasiswa baru atau biasa disebut maba, promosi tentang organisasi pasi sangatlah booming. Mading kampus dipenuhi oleh berbagai pamflet organisasi yang sedang open recruitment, mulai dalam bidang seni, lembaga pers, hingga kemahasiswaan.

Untuk memutuskan hal tersebut tidaklah mudah, mengingat kita harus pandai membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sebagian mahasiswa ada yang menginginkan fokus kepada kuliah agar cepat lulus dan mendapat kerjaan, sehingga ia menganggap organisasi hanya menghambat proses kuliah nya saja. Mahasiswa seperti ini yang disebut sebagai kupu-kupu karena setelah kuliah Ia akan langsung pulang karena tidak mempunyai kegiatan lain.

Namun bagi mahasiswa yang aktif dalam organisasi, terdapat banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Seperti :

Advertisement

1. Mendapat pengalaman seputar organisasi yang bisa diterapkan dalam dunia kerja.

2. Belajar membagi dan menghargai waktu.

3. Sertifikat organisasi dapat digunakan sebagai cv untuk mendaftar pekerjaan.

4. Meningkatkan kualitas diri.

5. Belajar menghargai pendapat orang lain melalui berbagai rapat yang dihadiri.

6. Meningkatkan rasa solidaritas dan kerjasama.

Dalam hal membuat keputusan jangan terburu- buru. Pahami karakter diri kalian sendiri sebelum menentukan apakah kalian hanya ingin fokus dalam kuliah saja atau ingin meningkatkan kualitas diri melalui sebuah organisasi. Semangat maba!

Semoga artikel diatas dapat membantu kegelisahan kalian.