Jujur saja aku sendiri tidak begitu paham apa sebenarnya definisi terbaik dari kata "setia", tapi sejauh ini yang aku tahu bahwa di saat banyak orang mengganggap kesetiaan adalah sebuah pilihan, bagiku justu kesetiaan adalah sebuah keharusan. Jika setia dibilang sebuah pilihan, itu berarti semua orang berhak memilih kebalikan atau pilihan lain dari setia, yaitu tidak setia, namun jika setia adalah sebuah keharusan maka tidak ada pilihan lain selain itu.

Apakah benar semua manusia baik wanita maupun pria cenderung mendua? Kalian bisa menggaris bawahi kata "cenderung", yang sebenarnya kata-kata tersebut entah berasal dari sebuah penelitian yang menurutku hanya sebuah tameng yang digunakan orang-orang yang tidak bia setia untuk melindungi dirinya sendiri dari cap ketidaksetiaan.

Sangat banyak alasan yang kalian buat untuk tidak setia bukan? Entah untuk memenuhi ego semata atau sekedar untuk melakukan balas dendam agar posisi kalian sama dengan seseorang yang pernah menyakitimu. Namun bagiku alasan untuk setia justru jauh lebih banyak dan bahkan jauh lebih indah, jika kalian sudah mengerti apa arti dari setia itu sendiri. Kalian tidak perlu takut dengan sesuatu yang sedikit berat yang mengikuti kesetiaan seperti kesedihan ataupun kesendirian.

Percayalah itu hanya bertahan sementara dan pada akhirnya pribadi berkelas yang memilih setia akan selalu mendapat kebahagiaan di akhir. Kesetiaan juga mempunyai tingkatan tersendiri, bagaimana tingkat kesetiaan kalian? Selama apa anda dapat bertahan mencintai satu wanita/pria di dunia ini? Semakin lama kalian bertahan mungkin semakin sakit yang kalian rasakan, namun banyak hikmah yang dapat dipetik dari sebuah kesetiaan. Sekalipun berbalas sebuah penghianatan.

Aku sudah sangat setia walau sampai detik ini belum berhasil mendapatkan balasan kesetiaan pula. Kesetiaan dapat tergambar saat kau tetep bertahan di saat situasi dan kondisi terburuk sekalipun, contohnya saat kamu tetap setia menunggu wanita/pria yang kamu cintai walau saat ini mereka sedang berada di sisi wanita/pria lain, kamu tetap menunggu dengan sabar dengan ratusan doa yang tidak terputus tanpa sebuah perilaku licik untuk mengganggu hubungan mereka.

Advertisement

Setia juga bisa tergambar saat kamu tidak mencoba dekat dengan wanita/pria lain, mungkin sepi yang akan kamu rasakan tetapi hatimu akan tetap bahagia dan bangga bahwa kamu adalah salah satu pribadi berkelas yang dapat setia. Sekalipun penghianatan yang engkau dapatkan seperti wanita/pria yang kamu pilih justru memilih wanita/pria lain.

Pribadi berkelas akan tetap setia tanpa alasan atau bantahan apapun untuk bertahan sekalipun kamu akan di hujam dengan berbagai cacian dan makian yang mengatakan kamu terlalu bodoh, tapi percayalah kamu adalah 1 dari 1001 wanita/pria terhebat yang masih memiliki kesetiaan yang tinggi.

Jangan pernah takut berjalan sendiri selama kamu berada di jalan kebenaran. Jadi masih ada yang mau jadi jiwa berkelas yang memiliki kesetiaan yang tinggi sepertiku? Mari kita berjalan seiringan kawan jangan lupa usaha dan doa terus diperbanyak.