Terkadang keinginan untuk memiliki seseorang yang dicintai adalah suatu pencapaian yang sangat berarti dalam hidup kita. Apalagi, setelah memahami apa itu arti cinta sesungguhnya. Memiliki pasangan yang saling menyayangi dan mencintai merupakan hal terindah sepanjang hidup. Cinta terlahir karena ada rasa cinta dan saling mencintai. Cinta membuat segalanya menjadi sempurna. Tanpa cinta hidup tak ada artinya. Lalu kenapa masih saja ada orang yang anti mengenal cinta? Apa karena rasa traumatik yang berkepanjangan atau karena takdir? Semua pasti ada alasannya dan keputusan setiap orang berbeda-beda dalam hidupnya terhadap cinta dan masalah cinta. Banyak hal yang membuat kehidupan di dunia ini yang mengharuskan kita mengenal cinta.

Saat mencintai seseorang yang sudah sangat dicintai, hidup terasa nyaman dan sudah melengkapi satu sama lain. Namun, waktu tak selamanya seperti itu. Ada saatnya harapan itu seakan memudar dalam hidup kita. Saya merasa senang ketika mengenal apa arti dari cinta pertama. Kesan pertama dalam hidup dan mengajarkan banyak hal tentang cinta. Cinta memang tak seharusnya disalhkan dan dibenci. Masa yang bahagia ada awal yang baik tapi terkadang diakhiri dengan akhir yang menyedihkan.

Rasa cinta itu berawal dari sebuah pertemanan. Pertemanan yang saling berbagi suka dan duka yang dialami setiap orang. Rasa percaya itu ada karena sudah merasa dengannya. Masa-masa menjejaki bangku kuliah adalah masa yang rentan jatuh cinta dan patah hati alias galau. Di saat bahagia adapula yang kecewa, disaat tidak cintai adapula yang merasa dicintai. Hidup in terasa tidak adil. Penyesalan mengenal cinta selalu menghantui. Apa daya, karena cinta kita pun terlahir dari sebuah cinta. Cinta tak pernah salah.

Saat orang yang menjadi bagian dari hidup dan mengajarkan banyak hal tentang cinta. Dunia ini terasa indah dan milik berdua. Terjalinnya suatu hubungan karena ada ketertarikan satu sama lain. Hal itu bisa dikarenakan kepribadian yang berbeda dari yang lainnya, kecerdasan yang dimiliki pribadi seseorang atau karena kecantikan/ketampanan seseorang. Setelah mengenal karakter satu sama lain dalam suatu hubungan. Komunikasi berawal pun sangat intens. Mulai dari lagi apa? Sudah makan, mandi, dll? Jaga kesehatan,dll dan diakhiri kata I Love U. Faktanya setelah 3 bulan kebanyakan hubungan itu semakin renggang di antara kami. Faktor itu dikarenakan kesibukan masing-masing. Komunikasi yang tak seindah semenjak pertamakali pacaran. Andai dapat diputar waktu seperti semula pasti tak ada rasa sakit hati dan dikecewakan.

Orang yang dicintai semakin menghindar dan memutuskan untuk pergi. Menharuskan hati untuk merelakannya pergi. Semua tinggal cerita semua tinggal kenangan. Hati tak semudah itu pulih kembali untuk melepas kepergian seseorang yang sangat dicintai. Apalagi retaknya suatu hubungan karena sebuah komunikasi yang tak seintens awal pacaran, kesibukan masing-masing, tuntutan yang tak sepadan, merasa bosan atau karena sudah ada pihak ketiga alias selingkuh.

Advertisement

Terasa sangat menyakitkan akan perasaan yang dikecewakan. Ada baiknya suatu hubungan bisa didiskusikan face to face. Segala keluh kesah bisa diceritakan agar tahu sumber masalah yang terjadi dan mengakhiri suatu solusi dengan tetap menjalani hubungan agar tetap terus bertahan. Kalau memang terasa memang tak bisa lagi dengan lapang dada harus menjadi seorang yang tegar. Identiknya cinta pertama adalah hal yang sukar dilupakan. Karena cinta pertama adalah orang pertama pernah dicintai tanpa ada keterpakasaan untuk mencintainya. Sadar atau tidak sadar, kenyataannya memang begitu. Percayalah, cinta pertama akan menjadi momen berharga sepanjang hidup yang mengajarkan banyak hal tentang cinta untuk memulai lembaran baru akan cinta menjadi pribadi yang lebih baik.

Jika memang dia bukanlah jodoh. Setidaknya sudah mengenalnya sebagai orang yan pernah dicintai. Merelakan setulusnya untuk berbahagia dengan pasangan yang dipillihnya. Cinta tak ada yang abadi, cinta yang abadi adalah ketika cinta itu berusaha mempertahankan segala perkara dan menghempaskan segala amarah menjadi kasih yang tak seharusnya menghancurkan hubungan percintaan. Namun, hal tersebut langka terjadi. Sekian dari 1000 pasangan, mungkin hanya ada beberapa pasangan yang bisa menerapkan hubungannya seperti ini.

Berusaha move on adalah proses yang membutuhkan waktu. Walaupun sering stalking medsos mantan. Jangan menabur rasa kebencian jika merasa dilukai, doakan saja hal terbaik. Karena orang yang selalu memaafkan akan mendapatkan pasangan yang lebih baik darinya. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah membiarkan ia bahagia bersama yang lain dan membahagiakan diri untuk memiliki pasangan yang lebih baik darinya. Teruslah berharap doa dapat memutar waktu akan kesalahan yang pernah terjadi menjadi pembelajaran hidup supaya tak terulang kembali.

Bagi kamu yang merasa pernah merasakan artinya cinta terutama cinta pertama. Jangan pernah menyesal untuk mencintainya. Jadikan sebagai pembelajaran buatmu kelak bersama kekasihmu. Pengalaman hidup akan cinta mengajarkan arti kesabaran dan pemikiran semakin dewasa. Pastikan hatimu sudah menjadi prbadi yang tulus untuk berhak dicintai dan mencintai dengan kehidupan baru. Teruslah berkarya dengan pikiran positif dan memberi manfaat kepada sesama agar menjadi orang yang bijaksana akan pilihanmu.