Menilai seseorang dari penampilannya adalah suatu hal yang sangat lazim di masyarakat kita. Seseorang yang berpenampilan necis dan rapi, otomatis mendapat respon dan penilaian yang baik dari masyarakat sekitar. Sebaliknya, seseorang yang berpenampilan semrawut pasti akan dipandang sebelah mata.

Sama halnya dengan perempuan yang memakai hijab, orang-orang menganggap mereka adalah sosok yang harus selalu berbuat baik kemanapun mereka pergi, tak peduli apapun yang terjadi. Kedengarannya tidak adil memang, tapi begitulah kenyataannya. Perempuan berhijab kini mendapat tantangan yang lebih besar dalam menjalani kehidupannya.

Sungguh sangat mulia ketika orang-orang meninggikan kedudukan hijab dan menganggap bahwa hijab mampu menjaga para wanita dari perbuatan yang tidak baik. Ironisnya, ketika seorang wanita berhijab melakukan satu kesalahan justru hijabnyalah yang menjadi korban. Alih-alih mencari tahu apa yang menjadi penyebab kesalahan tersebut, orang-orang dengan bangganya menyalahkan si hijab.

“Tuh lihat, cewek pake hijab tapi kelakuannya nggak benar. Mending benerin kelakuannya dulu baru pake hijab”

Perlu diingat bahwa hijab tidak serta merta membuat wanita menjadi malaikat. Dia tetaplah manusia biasa yang tidak luput dari dosa dan kesalahan. Sungguh menyakitkan ketika orang-orang menyalahkan hijab. Bahkan lebih buruk lagi menyalahkan suatu agama, hanya karena kesalahan sekelompok wanita yang kebetulan mereka memakai hijab.

Advertisement

Sangat tidak adil ketika semua wanita berhijab dipandang sama rata. Masih banyak wanita-wanita berhijab yang cantik hati dan perilakunya. Memang, hal ini tidak dapat dipisahkan dari keberadaan hijab sebagai sebuah trend, ketika para wanita menganggap hijab adalah sebuah trend fashion. Kejadian seperti ini akan sangat mungkin terjadi tanpa mempedulikan hijab yang mereka pakai, dengan seenaknya mereka bertingkah sesuka hati.

Alangkah indahnya jika para wanita memandang hijab sebagai sebuah kewajiban yang harus mereka penuhi sebagai wujud cinta, taat dan bakti kepada "sang Ilahi". Tentunya hal ini akan mempengaruhi tingkah-laku mereka sehari-hari.

Sebagai pengingat untuk kita semua, marilah kita saling menghargai satu sama lain. Untuk para wanita berhijab, tetaplah istiqomah dengan hijabmu. Tanamkan bahwa hijab adalah suatu kewajiban, bukan pilihan. Ketika orang lain memandang hijabmu sebelah mata, jangan khawatir.

Jadikan persepsi mereka tentang wanita berhijab sebagai motivasimu untuk terus memperbaiki diri. Jadikan pandangan mereka sebagai pengingat untukmu ketika kamu akan melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang muslimah.

Untuk mereka yang dengan baik hati selalu memperhatikan wanita berhijab dan dengan sigapnya memberikan komentar, lakukanlah dengan cara yang lebih indah. Tolong diingat bahwa wanita berhijab bukan malaikat. Mereka sama seperti kalian yang sangat mungkin melakukan kesalahan. Tapi setidaknya hargailah usaha mereka untuk memenuhi kewajiban agamanya.