Di dunia ini banyaknya hubungan yang diawali oleh ikatan suci, dan banyak pula hubungan yang diawali oleh sebuah kata-kata cinta sederhana yang menggetarkan jiwa. Sebanyak mana pula hubungan-hubungan yang manis itu terasa manis hanya diawal saja, dan kemudian terasa hambar oleh berjalannya waktu.

Ketika kamu merasa bahwa dia memang cinta sejatimu maka pertahankanlah bila itu memang pantas dipertahankan. Karena menemukan cinta sejati itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

1. Kenali bahwa benarkah itu cinta? Atau hanya obsesi belaka.

Ketika menjalani sebuah hubungan kamu sering kali merasa sangat bahagia, sehingga kamu menyangka bahwa dia adalah "cinta sejatiku". Pada kenyataannya adalah bertolak 180 dejarat. Oleh karena itu ketika menjalani sebuah hubungan, jangan terlalu bahagia dan juga jangan terlalu curiga. Jalani sambil menyelami beberapa kecocokan masing-masing. Merasa nyamankah kamu dengan dirinya? Bisakah kalian saling terbuka terhadap apapun topik pembicaraan?

2. Karena cinta Sejati Itu adalah hal yang serius.

Advertisement

Sering kali kita dengar orang mengatakan "kalau cinta memangnya kenapa?" Cinta gak segampang kata "memang Kenapa"? Cinta itu rela berkorban perasaan untuk kebahagiaan orang yang kamu cintai. Karena cinta itu harus siap dengan kondisi apapun. Kalau kamu memang benar mencintai, kamu hanya fokus untuk kebahagiaan pasangan kamu.

3. Cinta sejati itu harus tahan banting

Pernah kebayang gak? Kalau orang yang kamu cintai selingkuh? Pulang kerja lihat dia yang kamu cintai lagi bermesraan dengan orang lain? Pasti dunia kamu berasa hancur bukan? Itu merupakan hal manusiawi.

Tetapi setelah itu apa? Kamu memilih bertahan atau berpisah? Cinta itu harus tahan banting guys, pernah gak kamu berdua menghabiskan hal-hal yang terasa gak penting yang sebenarnya penting? Pernahkah kalian berdua berbicara dari hati kehati? Untuk saling melengkapi?

4. Cinta sejati itu perkara mengalahkan ego, bukan ajang saling mengalahkan.

Setiap manusia pasti punya ego dan gengsi tersendiri, jika kamu memang cinta kenapa harus ragu untuk melakukan hal-hal konyol di depan orang yang kamu cintai, tetapi ingat tidak bersifat menjatuhkan pasangan. Namun hal-hal konyol yang dapat membuat pasangan kamu makin gemas sama kamu, makin sayang, dan makin cinta. Bisa?

5. Cinta sejati itu bukan perkara menuntut, namun apa yang bisa kamu berikan

Jika kamu mencintai seseorang biarkanlah dia ingin menjadi apa? Setiap orang punya impian dan cita-cita. Kenapa kamu harus mengekang orang yang kamu cintai? Pada kenyataannya kalian saling mencintai. Saling support itu penting daripada harus mematikan karakter orang yang kamu cintai.

Hal itu sama saja kamu berusaha untuk menjadikan dia sebagai boneka kamu. Dan itu bukanlah cinta tetapi ambisi, karena ketakutan-ketakutan yang tidak jelas dalam diri kamu.

6. Cinta sejati itu dapat menerima kekurangan dan masa lalu, namun berupaya untuk membangun masa depan bersama dan saling menutupi kekurangan masing-masing.

Kamu itu pakaian bagi pasangan kamu, Di hadapan dunia ya guys dari unit terkecil yaitu keluarga sampai unit terbesar yaitu publik. Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing masing. Di saat kamu dapat menerima masa lalu pasangan kamu dengan tulus, di saat itulah kamu benar-benar menemukan cinta sejati kamu.

Karena cinta tidak dipengaruhi oleh apapun, walau pasangan kamu membuat kesalahan terbesar dalam hidupnya dan hidupmu, kamu akan tetap mencintainya dan tidak bisa jauh dari dia, tidak bisa marah, dan tidak bisa melupakan dia. Selalu mencari cara agar terus bisa bersama, baik dunia dan akhirat, kamu tidak pernah menyerah dalam kondisi apapun.

7. Cinta sejati itu adalah selalu peduli setiap saat.

Cinta sejati itu adalah memperhatikan detail terkecil dari pasangan kamu, warna kesukaan, apa yang bisa dia makan, apa yang cocok buat kesehatannya, kebersihan tubuhnya, tentang kebiasaan dia, siapa temannya, dan apa yang biasa dia lakukan kalau lagi hangout.

Karena dia adalah dunia kamu, jadi kamu peduli apa yang sedang dia rasakan sehingga menjadikan kamu pribadi yang lebih bersabar menghadapi dia, lebih dewasa, dan lebih bisa mengatur waktu dan diri kamu sendiri, karena tanpa kamu sadari cinta sejati membuat kamu mengembangkan diri kamu.

8. Ketika kamu ingin mengakhiri ingatlah kenapa kamu memulai

Cinta sejati tidak pernah berfikir untuk mengakhiri, dan selalu mencari cara untuk bertahan. Di sana masih ada harapan kamu dan dia. Dan harapan itu dapat mengalahkan apapun. Itulah cara cinta sejati memutuskan untuk berjuang, karena segala sesuatu perjuangan akan terasa indah.

10. Cinta sejati adalah perkara hanya dia

Pernahkah kamu menemukan seseorang yang memutuskan untuk sendiri seumur hidup karena ia mencintai seseorang yang tidak mencintainya? Kalau bukan dengan dia kamu tidak mau sama orang lain, karena kamu hanya memiliki perasaan ini sama dia. Terdengar oleh sebagian orang, hal ini merupakan hal yang konyol, namun bagi seseorang yang telah benar-benar cinta, itu bukanlah hal konyol, dan memastikan dia bahagia dengan pilihannya.

Walaupun dia tidak bahagia, kamu akan bersedia untuk membahagiakan dia dan memberinya izin untuk kembali dalam pelukannmu. Karena cintamu yang tulus dan sejatilah kamu dapat bertahan melalui hal-hal pahit hanya untuk masa depan bersama dirinya.

11.Cinta sejati adalah perkara waktu

Sulit sebagian orang merasakan cinta sejati secara instan, karena cinta sejati itu dilakukan secara konsisten yang terkadang kebanyakan orang tidak bisa melihatnya. Ketika sadar, mereka sudah kehilangan segalanya. Jika kamu mendapati seseorang yang peduli hanya tentang kebahagian kamu, maka jangan ditunggu. Kamu harus sadar hal-hal seperti tersebut sejak dini agar kamu tidak lama menderita dan dia juga tidak lama tersiksa.

Bagi kamu diluar sana yang sedang menunggu seseorang yang bahkan tidak melihat kamu sama sekali, sabar dan tetap peduli. Tunjukkan perasaan tulusmu dengan hal-hal kecil. Karena walau bagaimanapun yang kamu perlukan adalah berjuang agar dia merasakan perasaanmu. Tidak dipungkiri bahwa kamu ingin dia, dan hanya dengan dia yang akan bersamamu sampai akhir, oleh karena itu perjuangkan.

Kenali perasaanmu, jangan dibutakan oleh emosi, hindari mengambil keputusan ketika marah. Karena setiap penyesalan selalu datang diakhir cerita bukan diawal cerita.

Sedikit tulisan sederhana, semoga dapat menjadi pelita.