Kamu tahu gak, hidup itu petualangan.

Bertualang dari keadaan susah ke senang. Bertualang dari rasa suka menjadi suka. Bertualang dari keluh-kesah ke menerima. Bertualang dalam perjalanan diri sendiri, dari mana kamu dan mau ke mana kamu?

Hidup. Kadang ada masalah, kadang enak-enak aja. Kadang manis, kadang pahit. Pasang dan surut dalam hidup silih berganti. Karena hidup adalah petualangan. Seorang petualang, tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi besok. Tidak pernah tahu akan ada apa di tempat bertualang. Tidak tahu apa yang akan terjadi di depan mata kita nanti.

Dalam petualangan, segala kemungkinan bisa terjadi. Orang yang bertualang, bisa dapat kejutan. Bisa bertemu tantangan dan rintangan yang berat sekalipun. Bertualang gak selalu bertemu jalan mulus, ada juga jalan menanjak, menurun bahkan terjal. Karena hidup itu petualangan.

Hidup itu petualangan. Bisa kalah dulu baru menang. Bisa menang dulu kemudian kalah. Hidup itu adalah petualangan. Penuh tantangan dan rintangan. Kini tinggal soal cara menghadapinya, cara menyikapinya. Hanya terkadang, kamu kurang terlatih untuk menghadapi masalah. Kamu kurang latihan berhadapan dengan tantangan dan rintangan. Dan bisa terjadi pada siapa saja. Tidak kenal usia, tidak kenal pangkat atau jabatan. Itulah hakikat petualangan dalam hidup.

Advertisement

Lalu, gimana cara melatih petualangan?

Kamu yang bilang hidup itu petualangan. Tapi kenapa kamu gak pernah hiking. Hiking dong, atau berjalan untuk mendaki. Ke gunung, ke puncak gunung atau ke bukit yang punya “medan” pendakian. Hiking itu simbol kamu berani mengambil risiko dalam hidup. Karena hidup gak bisa dihadapi dengan sikap cengeng, terlampau banyak keluh kesah. Maunya pikiran negatif melulu.

Latih hidup kamu dengan HIKING, mendaki gunung.

Jangan cuma diomongin tapi lakukan. Jemput tantangan dan rintangan yang ada di depan kamu. Hiking mengajarkan kamu untuk “berteman” pada rintangan, mau menerima kenyataan. Hiking bikin kamu dekat dengan alam. Hiking, kamu makin tahu hidup itu tidak selalu mulus. Ada yang menanjak, ada yang menurun bahkan terjal. Karena hidup memang sebuah petualangan.

Kalo kamu tahu, hidup itu petualangan kenapa gak suka hiking. Hiking itu momentum untuk memenangkan "pendakian" atas dasar kemampuan pengendalian diri, mampu mengalahkan ketakutan akan bahaya dan mengurai keberanian diri. Jika mampu, maka kamu berhak menjadi pemenang.

Hidup memang sulit ditebak dan sulit diprediksi. Hiking juga sulit diprediksi. Cuaca gak bisa diduga. Medan berat gak bisa diterka. Apalagi kondisi fisik kamu, sama sekali sulit diduga, kuat atau tidak.

Seperti orang yang bertualang, orang hiking, orang yang mendaki gunung penuh ketidakpastian. Penuh tantangan dan rintangan. Tidak semua berjalan mulus. Tinggal kamu, mampu menyikapinya atau tidak. kamu bisa survive atau tidak, bisa dilatih melalui kegiatan hiking. Di samping dekat dengan alam, hiking juga membuat kamu lebih dekat dengan diri sendiri.

Kenapa Hiking ? Karena hiking mengajarkan 6 pelajaran hidup buat kamu:

1. Berbagi pengalaman. Gak semua orang sempat atau bisa hiking untuk berbagi pengalaman mendaki gunung atau hiking.

2. Melatih stamina tubuh. Sekarang banyak orang males gerakin tubuh, apalagi di zaman teknologi & gadget. Hiking bikin tubuh kamu bergerak dan sekaligus melatih stamina khususnya di alam terbuka.

3. Refreshing pikiran. Jenuh dengan pekerjaan dan rutinitas harus ada obatnya. Udara sejuka saat hiking bikin kamu refresh dan bisa kembalikan pikiran-pikiran positif yang ada.

4. Bersyukur dan rendah hati. Kapan lagi kita mensyukuri alam kalo gak hiking, jangan ke mall dan caffee melulu. Orang yang bersyukur biasanya makin rendah hati pada orang lain. Hidup kayak gitu ada waktu kita hiking.

5. Survive di alam. Gak semua dalam hidup bisa didapatkan. Kadang kita harus bisa survive atau bertahan hidup dalam situasi apapun. Hiking menantang kamu agar survive di gunung dan segala medan tantangannya.

6. Hidup apa adanya. Sewaktu hiking di gunung kita harus apa adanya, gak bisa macam-macam. Kalo sehari-hari hidup kita suka kamuflase atau rekayasa, hiking memastikan kamu hidup apa adanya. Kuat atau capek hanya kamu yang tahu, apa adanya aja. Gak boleh maksa, gak boleh sok.

Sahabat, hidup itu petualangan. Hadapilah semua dengan sikap optimis dan berpikir positif. Jangan pernah berputus asa dalam setiap keadaan. Jadilah petualang sejati, bukan pengeluh atau pecundang dalam hidup. Karena setiap pengalaman dari sebuah petualangan adalah bekal berharga dalam menjelajahi hidup.

Kata orang bijak, "hidup kamu itu sebuah petualangan, karena selalu ada cara baru dalam memandang kehidupan". Termasuk melalui hiking, mendaki gunung kemana kamu bisa.

Sahabat, pergilah hiking. Berpetualanglah dalam hidup. Agar hidup lebih berwarna, tidak membosankan. Karena semua keindahan yang kita temukan dalam hidup tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan keindahan yang akan kita temukan dalam sebuah petualangan di puncak gunung. Salam Ciamikk