Rollercoaster adalah salah satu wahana yang identik dengan taman hiburan atau yang biasa kita sebut sebagai theme park atau amusement park. Wahana ini pula yang umumnya paling diincar oleh pengunjung, baik yang sekadar penasaran atau mereka yang ingin memicu adrenalin dan teriak sekencang-kencangnya ketika kereta yang dinaikinya meluncur turun, atau berputar dan menukik.

Salah satu taman hiburan yang terkenal di Eropa adalah Europa Park, yang berlokasi di Jerman, tepatnya di kota Rust, negara bagian Baden-Wüttenberg. Hal yang paling istimewa dari taman hiburan ini adalah tema atraksinya yang mengusung keunikan negara-negara di Eropa, misalnya Perancis, Rusia, Inggris, Belanda, Swiss, Yunani, Spanyol dan berbagai negara lainnya.

Nah, menariknya, masing-masing dari tema negara ini juga memiliki rollercoaster andalannya. Kali ini hanya beberapa rollecoaster yang akan dibahas di tulisan ini ya..supaya kamu penasaran. Pertama, kita berangkat dari yang paling nggak ekstrem dulu, letaknya di tema negara Yunani. Rollercoaster air ini dinamai Poseidon, atau Dewa Penguasa Air dalam mitologi Yunani. Yah, namanya juga rollercoaster air, siap-siap basah ya. Tapi, wahana ini nggak akan membawamu lebih tinggi dari 23 meter dan nggak terlalu banyak tikungan atau turunan yang menakutkan. Jadi, rollercoaster ini cocok untuk anak-anak. Tetapi sesuai aturan, minimum usia dan tinggi badan untuk Poseidon adalah, anak-anak di atas usia 6 tahun dan tinggi badan minimal 120 cm.

Berikutnya, adalah Matterhorn Blitz yang ada di tema negara Swiss. Nama Matterhorn diambil dari sebuah nama puncak gunung di Swiss. Sama dengan Poseidon, wahana ini nggak ekstrem dan sangat menyenangkan untuk dikendarai. Rollercoaster ini hanya akan membawamu sampai ke ketinggian 16 meter aja. Kakek nenek pun bisa menaiki Matterhorn tanpa perlu merasa khawatir akan pacuan adrenlin. Dijamin aman!

Kalau ingin menaikkan sedikit level adrenalin, Maka rollercoaster Eurosat adalah wahana yang pas buat kamu. Wahana ini terletak di tema negara Perancis. Dengan ketinggian maksimum 45 meter, wahana ini bakal membawamu ke pengalaman yang enggak bakal kamu lupakan. Bayangin, kamu akan berkendara di dalam kegelapan, kamu Cuma bakal lihat permainan lampu dan kencangnya angin ketika kamu meluncur dengan lecepatan 60 km/jam. Desain rollercoaster satu ini emang unik karena dirancang seperti pesawat ruang angkasa, jadi betul-betul gelap dan kamu nggak akan pernah tahu kapan kamu akan belok, naik dan yang pasti kamu nggak akan pernah bisa menebak kapan kamu akan meluncur turun.

Advertisement

Masih kurang menantang? Maka rollercoaster berikutnya yang harus kamu coba adalah Blue Fire Megacoaster, yang terletak di tema negara Islandia. Wahana ini akan membawamu sampai pada ketinggian 38 meter dan kecepatan hingga 100 km/jam. Nah, karena wahana ini cukup ekstrem maka hanya anak-anak di atas usia 7 tahun dan tinggi badan 130 cm yang boleh menaikinya. Siap-siap pegangan kenceng nih!

Kalau menurutmu Blue Fire itu udah ngeri, maka kamu jangan coba rollercoaster selanjutnya. Silver Star, yang ada di tema negara Perancis. Saking banyaknya orang yang ingin naik wahana ini, waktu yang dibutuhkan untuk antri bisa sampai 1 jam! Tapi tenang aja, saat mengantri pun bisa sedikit menyenangkan karena bisa menikmati safety car Formula 1, yang dipajang di area wahana ini. Apa sih menariknya wahana ini? Silver Star akan membawamu ke ketinggian yang cukup ekstrem, 73 meter. Lalu, akan meluncur turun, membuat jantungmu terasa copot dan kamu bahkan nggak bisa lagi denger suara teriakan kamu, dengan kecepatan 130 km/jam. J

angan harap juga kamu bakal punya sesuatu untuk berpegang ya, Silver Star cuma nyediain pengaman dada. Iya, nggak ada yang lain, Kiri kananmu nggak ada pengaman, dan kakimu akan dengan leluasa berayun. Iiiiih, serem! Tapi seru…Nah, karena tingkat keekstreman ini, batasan usia minimal anak-anak adalah 11 tahun, dengan minimal tinggi badan 140 cm.

Lalu, untuk kamu yang punya adik yang usianya kurang dari 5 tahun apa nggak boleh naik rollercoaster di Europa Park? Tenang aja, taman hiburan ini nggak mau pengunjungnya ada yang cuma nganggu, jadi rollercoaster-nya pun ada yang untuk anak usia di bawah 5 tahun. Pertama, ada Alpenexpress Enzian yang terletak di tema negara Austria. Rollercoaster santai ini bisa untuk anak usia 4 tahun dengan kecepatan maksimalnya cuma 45 km/jam.

Kedua, ada Arthur di Minimoys Kingdom yang memang dikhususkan untuk anak-anak. Untuk menikmati berkendara di Arthur, usia minimalnya adalah 4 tahun dengan tinggi badan minimal 100 cm. Istimewanya rollercoaster satu ini adalah keretanya tidak menghadap depan seperti rollercoaster pada umumnya, melainkan menghadap samping. Jadi kakimu juga akan bebas berayun di udara saat berkendara.

Baa-a-a Express adalah salah satu rollercoaster terbaru di Europa Park. Kabar baiknya, rollercoaster ini bisa dinaiki anak-anak usia 3 tahun dengan tinggi badan minimal 95 cm. Wahana yang ada di tema negara Irlandia ini akan mengajak anak-anak kecil melihat pemandangan ala Irlandia seperti domba dan peternakan kuno.

Dengan berbagai pilihan rollercoaster untuk anak-anak, bahkan di usia 3 tahun, maka dijamin Europa Park ini merupakan taman hiburan untuk keluarga, di mana semua anggota keluarga bisa having fun!

Tahun 2016 ini memang ada beberapa wahana baru di Europa Park, tapi kali ini yang bakal dibahas cuma tentang rollercoaster-nya. Nah, rollercoaster baru ini namanya Pegasus Coastiality, letaknya di tema negara Yunani. Rollercoaster ini cukup ramah untuk anak-anak usia 6 tahun dan tinggi badan minimal 100 cm. Apa uniknya wahana baru ini? Ini adalah rollercoaster virtual. Kamu akan naik kereta dan memakai kacamata khusus. Jadi, kamu bakal menikmati cerita dan alam dunia virtual tapi beneran berkendara dengan rollercoaster. Bisa dibilang asyiknya dobel!

Gimana, seru kan? Pokoknya kalau kamu punya kesempatan pergi ke Jerman, Europa Park ini wajib banget kamu datengin bareng keluarga atau temen-temen kamu. Memang sih biaya masuknya bisa dibilang menguras kantong banget. Untuk musim dingin, Europa Park menjual tiket masuknya sebesar €38.50 untuk dewasa dan anak-anak (4-11 tahun) €32.50, sementara anak-anak di bawah usia 4 tahun gratis. Tapi, untuk musim panas harga tiketnya bisa meroket, tiket untuk dewasa dijual €44.50 dan anak- anak €38.50. Wow banget ya harganya?

Walaupun harganya bisa dibilang mahal, tapi semua pengalamanmu naik di berbagai macam rollercoaster dari yang slow sampai yang bikin jantung mau copot, nggak bakal kamu lupain. Ditambah lagi, Europa Park ini termasuk one stop experience, yang menawarkan banyak macam atraksi dan juga kuliner. Iya, kuliner. Jadi di tema negara dan fantasi yang totalnya ada 17 tema itu, masing-masing juga menawarkan kuliner khasnya. Misalnya kalau kamu lagi ada di tema negara Yunani, ya kamu bisa menikmati salad ala Yunani, di Belanda akan ada restoran Holandish dan jangan lupa di tema negara Jerman akan ada Blackforest specialities khas Jerman yang menunggumu. Anak-anak kecil juga pasti seneng menikmati makanan di sini, mulai dari kentang goreng, burger, cokelat, marshmallow, atau cotton candy, gampang banget kamu temukan di sepanjang perjalananmu mengelilingi taman.

Pokoknya Europa Park itu sama dengan keliling Eropa satu hari saja!