Mendengar kata merdeka, kebabanyakan orang akan berpikir tentang sebuah negara. Negara seakan menjadi ikon utama dalam konsep kemerdekaan, jika ada kata merdeka pasti ada kata negara atau bangsa. Hal itu memang merupakan hal lumrah kita dengar dan mungkin kebanyakan kita pikirkan saat ini, tapi alangkah baiknya jika kita mencoba lebih dalam lagi mengenal arti dari sebuah kemerdekaan itu sendiri, karena kemerdekaan juga bukan tentang sebuah negara namun juga tentang diri kita.

Diri kita menjadi unsur utama dalam konsep kemerdekaan jika kita ingin mendalami arti kemerdekaan sendiri, dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kita renungi tentang arti kemerdekaan yang lebih dalam lagi, dan hal yang saya sebutkan dibawah murni dari pengetahuan dan pengalaman pribadi, bahwa :

Saat bisa berjalan diatas pilihanmu sendiri, saat itulah kau mendapatkan arti dari sebuah kemerdekaan sejati.

Di zaman yang serba kompleks saat ini, dan kenyatan yang tak seindah di bayangkan, membuat konsep hidup manusiapun semakin sempit. tak dipungkiri hidup dengan pilihan orang lain entah itu dari orang tua, teman, dan pasangan seakan menjadi sebuah hal yang lebih realistis daripada mengikuti pilihan diri sendiri. Namun jika kita mau merenungi jauh lebih dalam lagi, tentang hidup ini, siapa sebenarnya yang menjalani pilihan hidup tersebut. apakah orang lain atau diri sendiri? Karena hidup ini kita yang menjalani, maka kemerdekaan besar yang harus kita miliki ialah memilih menjanali hidup yang kita sukai.

Saat kau bisa hidup dengan mandiri, saat itu lah kemerdekaan mu terjadi.

Advertisement

Sejatinya manusia memang merupakan makhluk sosial dan tak pernah bisa hidup sendiri, namun bukan berarti tak bisa hidup mandiri, hidup dengan apa yang kau percayai, dan hidup diatas segala hal yang kau yakini, itu lah arti dalam kemandirian sejati, karena kemerdekaan mu terjadi bukan saat semuanya bisa kau lakukan sendiri, namun saat kau bisa berdiri diatas hidupmu sendiri.

Saat kau bisa berbagi sesuatu yang kau suka , saat itu lah kemerdekaan mu akan terasa.

Dalam keseharian kita yang melelahkan kata berbagi sendiri mungkin sudah mulai dilupakan. bukan tentang banyaknya yang kita berikan, tapi seberapa sayangnya kita terhadap apa yang kita berikan tersebut. Karena berbagi bukan memberi sisa, namun juga apa yang kita suka dan saat kau bisa memberikan itu semua, kemerdekaan dalam dirimu pun akan mulai terasa, karena kemerdekaan yang ada, bukan cuma tentang apa yang kita punya, namun juga apa yang kita berikan.

Saat dua dasar prinsip ini kau hayati, saat itulah kau menemukan arti dari kemerdekaan abadi.

Sabar dan syukur, kedua prinsip hidup yang harus ditanamakn dalam diri seseorang jika ingin hidupnya bahagia. Kedua prinsip ini memang sulit diaplikasikan, tapi bukan berarti tak bisa dilakukan. Sabar atas apa yang tak kau sukai dan syukur atas apa yang kau senangi merupakan landasan dasar untuk menemukan arti dari kemerdekaan, karena berjalan dalam prinsip keduanya diatas takdir tuhan yang harus kau hadapi merupakan arti dari kemerdekaan yang abadi.