Hari Minggu adalah adalah hari yang dinantikan oleh hampir semua orang, mulai dari anak sekolah, mahasiswa bahkan untuk kita yang sudah bekerja. Hal ini lantaran karena hari minggu merupakan satu-satunya tanggal merah bagi mereka yang terbiasa beraktivitas selama enam hari dari Senin sampai Sabtu. Kecuali bagi PNS ya, yang biasanya punya dua tanggal merah dalam kalender mingguanya yaitu Sabtu dan Minggu.

Tahu nggak sih kenapa di Indonesia hari libur itu dijatuhkan pada hari Minggu, bukannya Sabtu, Kamis, Jumat, Rabu ataupun Senin. Sebenarnya tidak hanya di Indonesia saja sih, hampir di beberapa Negara tenyata juga menjadikan hari Minggu sebagai hari libur. Kecuali untuk Negara Arab Saudi dan beberapa Negara di bagian Timur Tengah yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Hal ini dikarenakan masyarakat muslim di sana beranggapan jika hari Jumat adalah hari yang paling baik, khususnya untuk ibadah. Karena hari tersebut libur, maka masyarakat dengan leluasa bisa beribadah.

Dikutip dari beberapa sumber, ternyata sejarah hari Minggu dijadikan hari libur adalah berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia.

Dahulu, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya. Nah sejak masa itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari Minggu.

Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Pengaruh ini kemudian menyebar pula ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi tadi. Salah satunya, Belanda. Belanda kemudian menjajah dan menguasai Indonesia. Sejak saat itu, hari Minggu pun ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia.

Advertisement

Akhirnya, tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan. Hingga sekarang, tradisi libur di hari Minggu masih tetap berlaku di Indonesia. Dengan alasan, orang-orang sudah bekerja keras selama enam hari, sehingga mereka membutuhkan waktu untuk rehat alias berlibur.

Nah, itu tadi asal usulnya ya, kenapa hari Minggu ditetapkan sebagai hari libur.