Sebagaimana kita ketahui masalah adalah bagian dari hidup kita dan ini tak akan terbantahkan ketika seserorang hidup selalu akan merasakan yang namanya masalah. Tapi untuk beberapa orang bisa meredamnya seakan mereka tak ada masalah padahal dihatinya ada luka yang nggak bisa dilihat kebanyakan orang, itu versi baiknya atau bisa dibilang ada positifnya juga dan ada yang melampiaskan masalah dengan hal-hal negatif. 

Sadar atau tidak sadar suka atau tidak suka enak atau tidak enak masalah tetaplah masalah yang harus kamu hadapi yang harus kamu selesaikan. kalau kata pepatah bahasa sunda "Kasenang pada nyangka kasusah pada boga". Artinya "Orang lihat kita pada senang tapi kesusahan (masalah) semua pada punya" ini menandakan bahwa semua orang punya masalah dan itu pasti dan terkadang semua orang melihat kita dari sudut yang berbeda yaitu dengan melihat bahwa kita fun ceria padahal tidak pernah tahu apa yang dirasakannya.

Di beberapa negara salah satunya Jepang adalah negara dengan tingkat kebahagian yang rendah, kalau tingkat kebahagian rendah artinya beban stres tinggi yang disebabkan masalah yang menumpuk menyalahkan diri sendiri.  Selain itu banyak faktor yang membuat seseorang di Jepang mengalami tingkat stres yang tinggi dan kalau dilihat dari segi sosial faktor culture jepang mempengaruhi walaupun Jepang terkenal dengan culture disiplin yang tinggi.

Disusul dengan beberapa negara yang mulai mengalami masalah pada sumber daya manusianya yang kalau dilihat mulai masuk negara kita Indonesia. Beberapa bulan terakhir kita dikejutkan dengan seseorang yang bunuh diri dengan live di Facebook, vokalis LP chester bunuh diri akibat stress berkepanjangan, artis yang terlilit hutang dan memutuskan untuk bunuh diri dan yang terakhir dua sepasang adik kaka yang nekat bunuh diri dari apartement lantai 5 di Bandung.

Ini menunjukan bahwa masalah kalau tidak dihadapi dengan benar akan berujung pada hal negatif dan ini kalau dibiarkan oleh kita atau pemerintah berakibat bahwa bunuh diri adalah solusi dari masalah dan menjadi tren masa kini. Solusi seperti apa sih untuk menghadapi masalah semisal masalah yang paling besar sekalipun?

Advertisement

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan tetap tenang dan selalu pikirkan hal positif jangan lupa bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Pikiran tenang akan membuat anda lebih nyaman dan fikiran positif akan membawa kamu jadi lebih optimis untuk segera menyelesaikan masalah kemudian gunakan hal-hal kreatif untuk menentukan solusi yang pantas dan jangan ragu untuk berkonsultasi minimal pada orang tua atau teman dekat sekalipun. 

Hal ini dilakukan supaya apa yang ada dalam pikiran maupun hati bisa tercurahkan walaupun kadang teman juga tidak bisa ngasih solusi nggak semua kok. Selalu dekatkan diri dengan tuhan barangkali ada yang salah dengan kita kenapa sampai seperti ini dan yang terakhir jangan pernah berputus asa katakan dalam hati ALL IS WELL.

 

Selamat bercumbu dengan masalah dan selalu semangat menyambutnya!