Seorang turis bernama Nikol menemukan jejak kaki misterius di pantai menjelang matahari terbenam. tak jauh dari jejak kaki itu, ada seorang gadis berambut panjang yang tertidur di ujung kanan. Nikol menghampiri gadis tersebut dan kemudian bertanya,

"Hei kamu, kenapa kamu tertidur di sini?"

Gadis tersebut kaget, tapi kemudian dia menjawab,

"Kamu janji tidak akan kasih tau rahasia ini?"

"Iya aku janji akan merahasiakannya."

Advertisement

"Ya, saya ini sebenarnya putri duyung yang baru berubah menjadi manusia, dari tadi pagi saya berlatih jalan di pantai ini, hingga ketika langkah kaki saya sempurna dan membentuk jejak kaki yang sempurna, saya mengantuk dan tertidur di pantai ini."

"Kenapa kamu memaksakan diri menjadi manusia?"

"Ya ini impianku, saya ingin menjadi manusia juga, bosan menjadi duyung terus."

"Hmmm…"

"Memang harus dibutuhkan usaha untuk mencapai cita-cita, dan cita-cita saya ingin menjadi manusia sempurna yang anggun, saya pun berlatih berjalan hingga tertidur di sore ini…"

"Jadi begitu ya?"

"iya, maaf ya kalau saya tertidur sembarangan."

"Tidak apa-apa."

"Kamu berhati-hatilah bermain di pantai, arus air laut sudah mulai deras, rawan badai!"

"Ya sudah saya bersama kamu saja di sini.Tapi saya ingin membeli makanan dulu."

Ketika Nikol beranjak pergi untuk membeli makanan, gadis duyung itu menegakkan kepalanya dan melihat ke arah Nikol,

"Lho, hei Nikol!!!!"

Nikol pun terkejut seseorang memanggil namanya, yang lebih mengejutkan, gadis duyung itu ternyata menanggilnya.

"Kamu kok tau nama saya?"

Seketika gadis duyung itu memeluk Nikol.

"Nikol sahabat kecilku."

Seketika teringat di pikiran Nikol memori masa kecilnya. Nikol pun ingat ketika dirinya memancing di sungai arus lalu menjebak seekor putri duyung kecil dan meletakkannya di kolam ikan rumahnya. Setiap hari Nikol bermain dengan putri duyung kecil tersebut hingga orangtua Nikol mengetahui dan mengantarkan sahabat duyungnya itu ke pantai. Nikol pun menangis ketika harus merelakan sahabatnya itu kembali ke pantai, kesedihan yang dalam membuat Nikol menjadi anti makanan laut dan mengasingkan diri dari teman-temannya yang lain selama tujuh bulan. Dan kini Nikol ingat sekarang! Ia telah berjumpa dengan putri duyung kecil yang sudah menjelma menjadi gadis 24 tahun sebaya dengan dirinya saat ini. Namanya putri duyung Ninni, sudah 14 tahun Nikol tidak bertemu dengan Ninni.

" Ya, saya ingat kamu adalah Ninni sahabat kecilku yang dibebaskan di pantai!"

"Betul Nikol."

"Maafkan orangtua saya sudah mengusir kamu dari rumahku."

"Orangtuamu tidak mengusir aku, keluargaku lah yang berpesan melalui mimpi bahwa aku harus kembali ke laut, minta maaflah ke orangtuamu karena prasangka burukmu itu kepada mereka!"

"Iya Ninni, yang penting aku bisa bersahabat denganmu lagi."

"Ya, persahabatan kita bersemi kembali Nikol. Terima kasih sudah mau menjadi sahabatku!"

"Sama-sama Ninni."

Mereka pun akhirnya bersama-sama makan di warung sea food dan memesan udang goreng tepung.

Dari cerita di atas, dapat diambil pelajaran bahwa terkadang sedikit usaha yang kita lakukan dapat mendatangkan hal yang tak terduga, seperti putri duyung Ninni yang mencoba belajar berjalan sempurna nan anggun di pinggir pantai tapi ternyata setelah dia selesai belajar berjalan ia bertemu dengan sahabat lamanya, persahabatannya dengan Nikol kembali lagi seperti dulu ketika mereka masih kecil. Cobalah untuk mempelajari sesuatu yang baru, siapa tau kamu akan mendapatkan kejutan dari apa yang kamu usahakan tersebut.