Sudah tak diragukan lagi produk mebel dari Jepara ini memang mempunya detil dan kreativitas yang tinggi dalam segala mode kerajinan meubel dan furniture.

Jepara merupakan kota yang terteletak di Provinsi Jawa Tengah Indonesia. Lebih tepatnya Di ujung utara pulau Jawa. Kota ini terkenal akan keahlinya di bidang meubel dan furniture. Bahkan, produk dari Jepara ini sering sekali diekspor ke luar negeri. Malah, seringkali orang luar negeri yang membeli produk dari Jepara, tidak tahu jika Jepara merupakan kota yang terdapat di Indonesia.

Melihat dari sejarahnya, tentu Jepara tidak mungkin sertamerta terkenal seperti sekarang ini.

Konon menurut cerita, yakni tepatnya pada zaman dahulu ketika negara kita masih terdapat banyak kerajaan. Awal mulanya, ada sosok sakti dan bisa terbang dari Bali, ingin melayat ke kerajaan yang ada di Sumatera. Ketika terbang, orang sakti tersebut terjatuh di tengah perjalanan, tepatnya di jantung kota Jepara. Singkat cerita, orang sakti tersebut selanjutnya menetap dan tinggal di Jepara.

Seiring berjalannya waktu, tentu orang itu sering membuat seni kerajinan kayu dengan kualitas tinggi. Akhirnya penduduk lokal Jepara pun banyak yang belajar padanya. Hingga sekarang, tradisi seni ukir sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Karena itu juga mungkin, seni ukir Jepara memiliki kemiripan dengan Bali. Itu sedikit penjelasan dari saya.

Sekian dan terima kasih sudah meluangkan waktu membaca narasi saya. Semoga bermanfaat.