TEMPAT SAMPAH UMUM Anda tahu kan tempat sampah umum?? Iya tempat pembuangan semua sisa-sisa produk manusia yang tidak bisa dikonsumsi. Entah itu karena enggan, entah karena bosan atau pun bisa jadi karena tak ada ruang untuk menyimpan. Semua tepat dan akurat berakhir di Tempat Sampah Umum.

Itu lo sebuah analogi yang sedang saya ceritakan tentang manusia yang beberapa diantaranya seperti tempat sampah umum. Jorok!!! itu kesan anda. Tapi apa yang akan terjadi bila tanpa ada nya tempat sampah umum?? Kotoran berserakan di mana-mana.

Tempat sampah umum ini adalah saya, anda dan mereka yang biasa menjadi tempat curhat dan menjadi pembuangan unek-unek, tempat memilah sisi baik dan buruk, sisi perlu dan tidak perlu. Anda tak akan steril, namanya juga tempat sampah umum. Anda akan dilabelin tukang gossip, comel, sok care dll. Sama seperti tempat sampah umum yang bau dan semuanya tak suka berada di dekatnya namun dibutuhkan mulai dari pasar becek hingga hotel bintang lima.

Lalu apa kita perlu menjadi tempat sampah umum yang kotor itu?? Bisa tidak, bisa iya. Anda pernah melihat tempat pembuangan sampah di kota-kota besar yang dibedakan antara plastic, organic dan non organic. Jadilah seperti itu dimana anda bisa memilah milah mana yang merupakan bagian anda ketika seseorang curhat, meminta solusi atau meminta pertolongan. Dan bantulah kawan anda yang dalam masalah dengan merekomendasikan ke pakar terhadap masalah mereka sehingga anda membantu membuang masalah kawan anda.

Tunggu-tunggu setiap manusia itu terlahir untuk menjalani takdir hidupnya, tak perlu malu menjadi tempat sampah dan tak semua anda perlu menjadi tempat sampah. Anda mungkin perlu jadi sapu, sekrop sampah atau mungkin peran yang lain dimana anda memiliki peran dan value yang berarti dalm hidup ini.