"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim."

Di jaman serba canggih ini, siapa sih yang nggak punya smartphone? Dari anak seumuran SD sampai dewasa rata-rata sudah menggunakan alat ini. Bahkan terkadang, lansia-pun menggunakannya. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk dari orang-orang diatas?

Seiring dengan berkembangnya teknologi, bahkan smartphone dapat di replica-kan. Hah kok bisa? Terus cara agar kita tau smartphone android kita original apa replica gimana ya? Nah untuk kalian yang belum tau kode rahasia smartphone kalian, yuk simak ulasannya

1. *#0000#* (Cek original atau replica)

Kode ini digunakan untuk cek asli atau palsu. Biasanya nih, kode ini bisa bekerja pada smartphone merk ‘masmung’. Karena pada peredarannya, merk tersebut banyak ditiru/direplica.

Advertisement

2. *#*#2664#*#*

Kode ini berguna untuk menguji kemampuan touch screen smartphone kamu, apakah semua sisi dari bagian layar masih dapat berfungsi dengan normal atau tidak.

3. *#*#0*#*#

Masih dari kelanjutan kode sebelumnya, kode ini digunakan untuk menguji warna dan detail pada layar, apakah semuanya masih berjalan normal atau tidak.

4. *#*#1472365#*#*

Dengan kode ini, kita bisa mengetahui apakah GPS kita berfungsi dengan baik atau tidak. Kita juga bisa mendapatkan informasi lainnya tentang GPS tersebut.

5. *#*#34971539#*#*

Kode ini menampilkan informasi seputar kamera, berapa megapixel serta resolusinya dan hal-hal lainnya.

6. *#*#232331#*#*

Untuk mengetes apakah Bluetooth di smartphone android kamu  masih berfungsi atau tidak.

7. *#*#0842#*#*

Ragu kenapa smartphone tidak bergetar? Dan kenapa senter (flashlight) tidak menyala? Kamu bisa menggunakan kode ini untuk mengetesnya.

8. *#*#0673#*#* atau ##0289##

Kalau kamu merasa audio smartphone kamu tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa mencoba tes berikut. Cek apakah audio smartphone kamu benar-benar dalam masalah atu tidak.

9. *#*#197328640#*#*

Kamu bisa mengecek jaringan yang sedang kamu gunakan dan nama operatornya lewat kode ini.

10. *#*#7780#*#*

Dengan menggunakan kode ini, berarti kamu akan membuat smartphone kembali ke settingan awal/pabrik dan semua data akan terhapus.

Nah gimana sobat, sudah dicoba kode-kode diatas dengan smartphone kamu? Let’s try guys