Saya bernama Ikhsan Ramadhan, salah satu mahasiswa Universitas sarjanawiata tamansiswa prodi PGSD semester 3. Pada waktu saya SMA saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah dengan dorongan orang tua saya yang menginginkan saya menjadi seorang guru, 3 semester pun kini sudah saya tempuh dengan usaha yang sudah saya keluarkan hasilnya pun cukup memuaskan bagi diri saya dan orang tua saya.

Tetapi saya selama semester 3 ini mempunyai beberapa teman yang dalam mengikuti perkuliahan mau gak mau dalam menjalaninya, pada awal semester satu saya mempunyai teman laki-laki, dia tampak tidak semangat dalam perkuliahan lalu dia beberapa minggu tidak berangkat. Lalu lama kelamaan dia tau-tau sudah tidak meneruskan perkuliahannya dan lebih memilih untuk putus kuliah.

Lalu, kejadian yang sama juga dialami oleh teman saya perempuan, karena ia rumahnya jauh dan penghasilan orangtuanya tidak mencukupinya ia lebih memilih untuk berhenti kuliah dan menganggur saja. Lalu ada juga seorang teman yang saya kenal sejak sememster awal dia ikut organinsasi di kampus saya, menurut saya dia adalah anak yang cukup pandai. Tetapi dia tidak bisa membagi waktu untuk berorganisasi dan untuk kuliahnya sendiri. Alhasil dia sekarang jarang sekali masuk kuliah karena lebih mementingkan oranisasinya dari pada kuliahnya, karena itu kalau menurut saya dia harus bisa membagi waktu dengan baik karena kalau saya yang utama itu adalah pendidikan saya karena dengan organisasi kita hanya mendapatkan ilmu yang dipelajari di organisasi itu sendiri, tetapi jika soal pendidikan itu akan menyangkut masa depan saya.

Lalu juga ada teman saya yang sering mengeluh dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen saya, karena di setiap akhir UAS atau UTS tugas dari dosen sangatlah banyak dan memberatkan mahasiswa. Tetapi dia masih mau melanjutkan kuliahnya tidak seperti teman-teman saya yang lain tadi. Maka dari itu saran saya jika kita mau kuliah ya kita harus menanggung apa yang kita hadapi di perkuliahan kita nanti, janganlah mengeluh dengan keadaan yang ada di perkuliaha , tugas-tugas yang diberikan oleh dosen itu semata juga tidah menjerumuskan kita malah justru membuat kita belajar dengan baik dan rajin, tugas itu juga termasuk bagian dari ilmu yang kita pelajari.

Jadilah mahasiswa yang bermental tangguh, banggakanlah orang tua kalian yang membiayai kalian, janganlah mengecewakan mereka yang sudah menyekolahkan kalian sampai perkuliahan ini.