Lakukanlah segala sesuatu yang ada tanpa putus asa, semoga kamu mendapatkannya dengan segala kemudahan yang ada.

Akan selalu ada kemungkinan – kemungkinan dan segala bentuk pilihan yang menyapa, karena tak selamanya jalannya lurus, terkadang kamu perlu berbelok. Maka Tuhanmu memberimu jalan yang berkelok, dan pilihan yang tersisa adalah melanjutkan atau menghentikan. Menghentikan berarti mengakhiri perjalanan tanpa mendapatkan yang kamu inginkan, and one more choice berarti melanjutkan berarti meyakini akan ada yang kau dapati, walau entah bagaimana hasilnya yang terpenting adalah prosesnya. Tak usah khawatir dan kamu permasalahkan, tugasmu hanya menjalankan agar semua terlewati karena hasil tak akan mengkhianati.

Jangan letih, lakukanlah sepenuh hati tanpa henti.

Memang terkadang banyak rintangan menghampiri, mungkin itulah nilai seninya, tanda kamu sedang di uji demi untuk meraih prestasi yang bergengsi. Tak usah panjang lebar kamu harus berfikir, kamu hanya perlu melakukan dengan sepenuh hati tanpa henti, maka esok atau lusa, cepat atau lambat apa yang kamu lakukan akan datang kembali menghampiri.

Sabarlah menanti, tancapkanlah keyakinan dalam hati bahwa yang kamu lakukan akan kembali dengan pasti.

Advertisement

Sesekali usahamu tak kembali secara langsung secepat kilat yang menyambar. Lamanya waktu sering kamu tunggu, maka gunakanlah sabar untuk menunggu. Tuhan akan mengatur menurut waktu-Nya yang sempurna, dan tanpa kau duga. Sembari menunggu, lakukanlah kebaikan-kebaikan terbaikmu, karena kebaikanmu akan berbalik dengan pasti tanpa kendali dan bertubi – tubi. Ia akan berbalik dari arah yang tak diduga-duga, datang membabi buta tanpa menyapa dan membuatmu mengangga darimanakah asalnya.

Tanpa kamu harapkan kembali setelah kamu melakukan dengan cara terbaikmu bisa jadi ia berbalik saat tidak dinanti – nanti tepat pada waktunya saat kamu benar- benar membutuhkannya, dan itulah yang harus kamu pahami.

Pada akhirnya usahamu akan seperti bola basket yang kau drible berulang – ulang, ia akan kembali memantul tepat dalam genggaman tanganmu. Seperti itulah sekiranya jika kau melakukan dengan cara terbaikmu. Ia akan kembali menuju padamu tanpa perlu kau ragu. Besar atau kecil akan selalu ada porsi untuk mewadahi. Apapun bentuknya, kepada siapapun kamu usahakan, ia tak akan ingkar janji.