Kaki kita siap untuk melangkah kemana saja, menyingkap segala keindahan bumi yang ingin kita taklukan. Kaki kita sanggup untuk melangkah menuju apa saja, mencari jalan-jalan yang belum pernah dilalui sebelumnya.

Mungkin sudah kodratnya, manusia memiliki penasaran untuk mereka bunuh secepatnya. Bumi yang sebegitu luasnya, dapat ditapaki hanya berlandaskan rasa penasaran yang mendalam. Coloumbus tidak menemukan Benua Amerika, tapi dia berhasil membunuh rasa penasarannya, menurutku. Seberapa luasnya bumi, setiap celahnya akan ditemukan manusia. Tidak heran, nantinya kita akan bertamsya ke luar angkasa, tak ubahnya seperti jalan-jalan di akhir pekan bersama keluarga.

Tak akan lama lagi, ada ‘bumi’ selain bumi untuk manusia, yang mungkin bisa mereka tinggali untuk waktu lama.

Besok atau lusa, atau di waktu yang tak akan lama, manusia akan berjalan-jalan di keberagaman Hutan Amazon saat siang hari, dan pada malam harinya berkemah di Kutub Selatan menatap keindahan aurora hingga mata lelah untuk memuji.

Maukah kamu untuk menghabiskan hari dengan berjalan bersamaku? Melangkah kemana saja, menyibak segala rasa penasaran akan tempat baru, menelanjangi segala keindahan yang ada di dalamnya.

Advertisement

Tak perduli matahari hari itu menyengat dan badan kita berbau tengik, peluh kita bercucuran, letih kita membujuk kita untuk menyerah.