Pertanyaan ini mungkin sering kalian dengar baik dalam cerita dalam film, sebuah novel, atau bahkan nyata dalam kehidupan seseorang. Faktanya memang banyak orang yang merasakan jatuh cinta terhadap seseorang, namun orang tersebut tak pernah membalas cintanya walau sedikitpun. Atau berbanding terbalik dengan hal tersebut. Ada orang yang sangat mencintai kita, tapi justru kita tak bisa merasakan suatu perasaan apapun terhadapnya. Kadang cinta seaneh itu, namun apapun aksi dan reaksi dari cinta, ya begitulah cinta sampai kapanpun. Yang menjadi berubah adalah bagaimana orang memperlakukan cinta.

Andai kata dalam hidup harus dihadapkan dan memilih pada 2 pilihan itu, maka aku akan memilih untuk tinggal dan hidup bersama orang yang aku cintai. Kenapa? Mungkin jika hal ini nyata terjadi, maka akan banyak pertanyaan muncul dan terlontar dari banyak orang. Seperti, “Kenapa kamu memilih menghabiskan waktu bersama orang yang sama sekali tidak mencintaimu, tidakkah hidupmu akan menjadi tidak bahagia nantinya?”, “Bukankah kau akan merasa sakit jika sepanjang hidupmu kamu terus diabaikan olehnya?” Ya pertanyaan itu pasti akan ada dan wajar untuk dipertanyakan. Namun jika ada orang terutama wanita yang memilih keputusan sepertiku, kita sama!

Untuk sebagian orang yang mengambil posisi untuk dicintai daripada mencintai. Itu adalah hak pribadi masing-masing. Mereka akan lebih suka seseorang yang mencintai mereka dengan begitu mereka akan merasa diperhatikan, diberi kasih sayang, dan segala hal yang merupakan perwujudan dari cinta ataupun perwujudan berupa hadiah. Hal itu sama sekali tidak salah karena memang menyenangkan bukan jika dicintai oleh seseorang? Namun yang menjadi berbeda adalah jika kita tidak bisa berbalik mencintai orang tersebut maka usaha apapun yang ia lakukan dan berikan kepada kita menjadi terasa tidak bermakna.

Untuk itulah, aku memilih untuk bersama orang yang aku cintai daripada orang yang mencintaiku. Dalam perjalanan hidupku bersamanya, ketika aku tak sedikitpun mencintainya maka aku akan cenderung merasa tidak nyaman berada didekatnya dan apabila dia melakukan sesuatu untukku walaupun itu merupakan suatu kebaikan, maka bagiku semuanya akan terasa salah dan tidak menyenangkan.

Mencintai orang yang tidak mencintaku. Ya, hal itu lebih baik aku lakukan. Semua yang aku lakukan dan aku berikan kepadanya, adalah tulus dalam hatiku. Meskipun ia tak pernah merespon, meskipun semua yang aku lakukan dianggapnya menjadi tidak berarti, aku akan tetap memperlakukannya dengan baik sebagaimanapun dia menolakku. Sakit pasti, bahkan sangat menyiksa. Dan semua orang dibelahan bumi manapun akan memilih bersama orang yang mencintainya dan yang ia cintai. Tapi kembali lagi, andai kata dihadapkan hanya pada dua pilihan tersebut diatas. Karena bagiku, apapun pengorbanan yang akan dan telah aku berikan kepadanya bukanlah suatu yang percuma. Bukanlah hal yang akan aku sesali nantinya, karena bagiku tidak ada yang menjadi sia-sia karena aku mencintainya.