Dalam menjalani hidup banyak hal yang akan kita hadapi, tak peduli apakah itu hal yang menyenangkan, mengharukan, menyedihkan ataupun menyakitkan tugas kita adalah menghadapi dan melewatinya. Apakah kalian baru putus cinta? Kehilangan pacar yang sudah membuat komitmen untuk selalu bersama? Jika iya maka yang harus kalian ingat adalah ini bukannlah akhir dari semuanya. Jika sad ending, maka lanjutkan ceritanya dengan melibatkan Tuhan YME dalam setiap rencana kita untuk mendapatkan happy ending, Insyaallah.

Manusia hanya bisa membuat rencana, berusaha dan berdoa jika apa yang kita lakukan tidak sesuai dengan harapan kita maka bersyukurlah karena Tuhan masih mau menunjukkan bahwa rencana yang kita buat itu salah. Begitupun dengan urusan putus cinta, ada pasangan yang sudah menjalanin hubungan pacaran bertahun-tahun dan membuat planning untuk menikah tapi kandas di tengah jalan. Hei, guys! bersyukurlah! Mengapa harus besyukur? karena Tuhan memberimu petunjuk dan membuatmu untuk tidak menikahi orang yang bukan odohmu. Kalian tidak membayangkan bukan jika putus cinta atau bercerai setelah menikah, Naudzubillah.

Mengapa harus dengan kesediahan dan kehilangan Tuhan memperingatkan kita? It's a simple answer. Bisa jadi Tuhan sudah memberikan petunjuk bahwa pasangan kita tidak baik tetapi karena rasa sayang kita membutakan dan tidak mempedulikan petunjuk tersebut. Misalanya nih pasangan kita bikin masalah yang sama dan tidak hanya sekali tapi berulang kali. Memberi kesempatan itu bolehlah karena tidak ada manusia yang terlepas dari kesalahan dan yang perlu diingat dan dijadikan pedoman adalah kesempatan diberikan bukan untuk diajadikan kesalahan tetapi sebaliknya untuk berubah menjadi lebih baik. Jika kalian sudah mengalami hal itu berhati-hati dan lihatlah pada hatimu apakah ada keraguan atau tidak. Dan ketika waktu itu tiba untuk kehilangan pasangan, terkadang rasa kecewa, sedih, bersalah dan tidak sedikit menyalahkan cerita cinta kalian.

Kesedihan dan kehilangan jangan sampai membuatmu kecewa kepada Tuhanmu, karena itu adalah hal yang salah dan akan membuatmu sebagai umat yang tidak percaya pada Tuhanmu. Serius? Separah itu? Iya separah itu jika kita sampai menyalahkan Tuhan atas semua yang terjadi pada kita. Kita diciptakan tidak hanya untuk bersenang-senang saja, banyak batu, angin, ombak, badai yang sudah dipersiapkan Tuhan untuk kita. Ingat bahwa Surga bukan diciptakan untuk orang yang kehidupannya tidak terlepas dari bermacam ujian dari Tuhan.

Yakinlah bahwa Tuhan menempatkan kita di tempat yang sekarang dengan berbagai macam ujian itu sudah direncanakan oleh sebaik-baiknya pembuat rencana yaitu Tuhan YME. Lakukan step by step kehidupan ini dengan sebaik mungkin dan libatkan Tuhan di setiap rencana dan usaha kita melalui doa yang selalu terucap maka Tuhan mu tidak akan melepaskanmu.

Advertisement

Dalam keadaan bahagia terkadang kita sulit untuk diberi nasehat. Jangankan oleh Tuhan, oleh orang-orang sekitar kita, saran dan nasehat tersebut jarang kita dengarkan. Mengapa? karena rasa sayang kita sedang membara dan mengalahkan semuanya. Tak jarang pula banyak yang beranggapan bahwa yang dilaluinya adalah yang terbaik tanpa meminta petunjuk-Nya. Alhasil, tak sedikit orang yang menjauh kepada Tuhan-Nya saat ia dalam keadaan bahagia dan melupakan kewajiban kepada Tuhan-Nya.

Melalui kesedihan dan kehilangan, Tuhanmu mengetuk pintu hatimu untuk berdoa kepada-Nya dan memohon petunjuk-Nya serta kembali menjadi umat-Nya yang taat melakukan semua perintah-Nya. Bersujudlah karena pada posisi bersujud membuatmu dekat dengan Tuhanmu dan mintalah yang terbaik. Maka selain kelapangan hati dan ketegaran hati dalam melalui ini semua. Kita semua hanya tau masa lalu dan hari ini tetapi masa depan adalah rahasia-Nya yang masih menjadi misteri dan kenapa kita harus ragu meminta kepada Dzat yang Maha Tahu tentang segalanya. Percayakan dan pasrahkan kepadaNya bahwa yang terjadi adalah skenario yang terbaik meski itu menyedihkan tetaplah yakin bahwa itu proses untuk mendapan happy ending (kebahagian yang hakiki).

So, bagi kalian yang baru putus cinta. Jangan sedih guys, banyak hal positif yang bisa kamu lakuin untuk membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Say goodbye to your ex-boyfriend/girlfriend and thanks for everything karena telah membuatmu sadar bahwa dia bukan yang terbaik untukmu dan percayalah bahwa orang yang memperbaiki dirinya maka ia akan menjadi tegar dan insyaallah step kehidupannya sudah dilalui satu tingkat atau lebih. Dan pada waktunya kamu bisa membuat orang yang mengecewakan dan mengucilkanmu berkata "nyesel dulu melepaskanmu".