"Setiap detik, menit, jam begitu cepat berlalu bahkan tak terasa tahun demi tahun telah kita lewati di penghujung tahun 2016 ini. Tanpa kamu sadari banyak hal yang kamu sia-siakan di tahun 2016 atau mungkin saja targetmu di tahun 2016 belum tercapai.

Hingga membuatmu sedih jika kita harus berpisah dengan tahun 2016 tanpa ada pencapaian di tahun 2017.

Hari esok harus lebih baik dari hari ini, begitupula tahun 2017 dan seterusnya harus lebih baik dari tahun ini, betulkan sobat? Anggap saja tahun 2016 adalah sebuah pelajaran untuk kita.

Hayo siapa yang belum siap dengan tahun 2017? Tentu sudah siapkan menyambut tahun baru, bahkan semua orang merayakan tahun baru dengan meriah. Makna tahun baru bukan terletak pada semeriah apapun kita menyambutnya, tetapi memaknai tahun yang sebelumnya kita lewati. Setahun berlalu banyak hal yang kita lalui dari suka maupun duka merangkai sebuah kenangan, ya kenangan di tahun 2016, karena beberapa hari lagi memasuki tahun 2017.

Mungkin kamu masih ingat dengan semua tujuanmu di tahun 2016 yang belum tercapai, tentu sangat sedih jika setahun telah berlalu namun tujuanmu belum tercapai. Tetapi jangan putus asa ya kawan, meski tahun sebelumnya tak sesuai harapanmu, kamu masih bisa berharap di tahun 2017 menjadi tahun yang lebih baik.

Advertisement

Tahun sebelumnya mungkin kamu merasakan kegagalan, namun kamu bisa menganggap itu semua pelajaran di tahun sebelumnya agar di tahun berikutnya kamu bukan hanya mampu belajar, melainkan memetik hasil yang kamu harapkan selama ini.

"Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang hari ini sama (dengan kemarin) maka dia telah lalai (merugi)"

Bahkan dalam suatu hadist menjelaskan, jika kita hari ini lebih baik dari hari kemarin maka kita termasuk orang yang beruntung, namun sebaliknya jika kita hari ini sama seperti kemarin maka kita termasuk orang yang merugi. Tentu semua orang tidak mau menjadi golongan orang yang merugi. Maka mari kita sambut tahun baru dengan positif di saat semua orang sibuk untuk merayakan tahun baru dengan meriah, dengan memantaskan diri saja membuatmu siap menghadapi tahun 2017.

Memantaskan diri membuatmu bukan hanya mampu menghadapi tahun berikutnya, namun membuatmu mampu belajar lebih baik di tahun sebelumnya. Mengoreksi diri apa kesalahan yang membuatmu telah gagal di tahun sebelumnya, sehingga kamu tak mau mengulangi kesalahan yang sama. Mari kita memantaskan diri menjadi pantas bukan hanya di tahun ini saja tetapi hingga tahun selanjutnya dan selanjutnya lagi.