Menjelang Imlek, kumpul bersama dengan keluarga menjadi salah satu tradisi yang kerap dilakukan oleh warga keturunan Tionghoa. Momen ini biasanya dilakukan sambil makan malam bersama.

Dalam tradisi makan malam Imlek bersama, biasanya terdapat hidangan yang bernama Yu Shang atau Yee Shang (dibaca : Yi Sang). Yu Shang, merupakan salad sayuran & ikan (biasanya ikan salmon) mentah. Dipercaya, apabila kita memakan Yu Shang maka akan memberikan kita peruntungan yang baik ditahun ke depannya.

Yu Shang terdiri dari sayuran seperti lobak, wortel, paprika merah, paprika hijau, selada, kol merah dan jeruk bali, yang diiris halus dan disajikan dalam satu piring bulat besar dengan bentuk mengelilingi. Kemudian, disusun ke atas bahan-bahan seperti, irisan jahe merah, jeruk kering, irisan daun jeruk nipis, daun ketumbar dan cabai.

Kemudian, biasanya di wadah yang terpisah disajikan irisan ikan salmon, kacang tanah cincang, wijen sangrai, kulit pangsit goreng, saus plum, cuka beras, pasta jeruk kumkuat, dan minyak wijen.

Ternyata, semua bahan yang digunakan untuk Yu Shang ini memiliki makna dan pengharapan untuk tahun selanjutnya. Seperti makna menyantap ikan salmon adalah untuk keberuntungan dan keberkahan. Untuk kacang sangrai dan wijen, melambangkan kemakmuran yang merata bagi seluruh keluarga. Saus plum, melambangkan kerukunan bagi keluarga, dan minyak wijen disajikan untuk pengharapan agar rejeki ditahun mendatang bisa mengalir dengan lancar. Yang terakhir, kulit pangsit goreng, yang digoreng hingga warna keemasan merupakan simbol dari kekayaan bagi seluruh keluarga.

Advertisement

Karena penuh dengan harapan dan makna, cara santap sajian ini juga tidak sembarangan!

Biasanya, seluruh keluarga berkumpul mengitari meja bulat besar dengan Yu Shang disajikan di tengah-tengah meja. Dengan menggunakan sumpit masing-masing bahan-bahan tersebut dicampur jadi satu, sambil bersama-sama mengucapkan kata pengharapan seperti “kaya, kaya…”, “sehat, sehat…”, “bahagia, bahagia…” dan kata harapan lainnya.

Mengaduknya pun harus sambil mengangkat tinggi-tinggi sumpitnya, karena semakin tinggi mengangkat sumpitnya akan semakin besar rezekinya.

Hm, patut disantap nih sepertinya Yu Shang ini! Siapa tahu segala harapan kita di tahun shio Ayam ini bisa tercapai. Amin!