Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar kata zona nyaman?

Seperti yang kita ketahui zona nyaman terdiri dari 2 kata yaitu zona dan nyaman. Zona berarti wilayah atau daerah sedangkan nyaman adalah keadaan yang menyenangkan, menguntungkan dan aman. Secara tidak langsung zona nyaman adalah situasi serta perasaan senang dan aman pada sebuah daerah atau wilayah yang membuat kita enggan untuk berpindah yang terjadi dalam hidup kita.

Zona nyaman ini kadang membuat kita sulit berkembang dikarenakan diri kita yang telah dimanjakan. Bukan tidak mungkin kita akan berhenti untuk memulai hal-hal baru karena sudah puas dengan keadaan saat ini. Kenapa seperti itu? Karena kita sudah tidak lagi tertantang untuk melakukan sesuatu yang lain, lambat laun semangat yang kita punya untuk terus tumbuh akan mati. Lalu kenapa ya kita bisa mengalami zona nyaman? Sebabnya karena pengaruh psikologis manusia yang menyangkut sifat, sikap dan karakter seperti rasa malas, kenangan buruk, rendah diri, kesombongan, emosi yang tidak stabil, sikap anti sosial, dan lain sebagainya.

Zona nyaman saat ini sangat erat dengan rutinitas yang akrab dengan kita sehari-hari, termasuk pekerjaan. Saat orang sudah menikmati masa-masa yang indah dan menyenangkan, mereka cenderung tidak ingin diganggu siapa pun dan oleh apapun. Hal-hal itu bisa terjadi karena gaji yang tinggi, jabatan yang sudah mapan, pekerjaan yang ringan atau resiko kerja yang rendah. Padahal hakikatnya manusia selalu tertantang dan merasa tidak puas dengan pencapaian yang telah di perolehnya, jika hasrat itu sudah tidak ada, yang mungkin terjadi yaitu kita menjadi tidak produktif dan cenderung pasif hanya meminta dan menerima.

Wajar bila seseorang ingin menikmati hasil kerja dan jerih payahnya untuk beberapa waktu, bersantai sejenak dari rutinitas yang ada selama ini. Tapi perlu diingat, jangan sampai kita terlena dengan situasi yang ada, sebab apapun alasannya, senyaman apapun suasana dan keadaannya tak akan berarti kalau kita hanya berputar-putar di tempat yang sama. Kalau kamu tak ingin melangkah karena enggan kehilangan posisi atau takut gagal, justru kamu akan membunuh kreatifitas dan intuisi dirimu sendiri.

Advertisement

Kita tak akan pernah tahu tentang masa depan, dan tak akan pernah bisa tanpa mencoba. Bisa jadi jenjang karier yang lebih nyata justru berada di depan mata, jadi ayo bangun dari zona nyamanmu.