Merdeka!

Satu kata yang begitu identik dan melekat apabila kita telah memasuki bulan ke delapan (Agustus). Bagaimana tidak? Pada waktu itu, satu peristiwa paling bersejarah telah mengubah seluruh kehidupan bangsa ini. Terbentuklah wajah Indonesia yang baru, sebagai bangsa yang berdaulat dan beradab dimata dunia.

Di tahun 2016 ini, Indonesia telah genap berusia 71 tahun. Sebuah angka yang tidak lagi muda jika kita kaitkan dengan angka pada usia manusia. Mengusung tema kemerdekaan, marilah kita sejenak renungkan kembali arti dan makna dibalik kata “merdeka” ini.

Merdeka adalah sebuah kata yang terdiri dari kombinasi 7 huruf dengan 1 simbol yang begitu mendalam dihati bangsa kita. Jika kita telusuri dari definisinya, merdeka sering dikaitkan dengan sebuah kebebasan (freedom) dan tidak terikat dengan sesuatu. Seiring berjalannya waktu, negara kita telah berkembang menjadi salah satu negara besar dikawasan Asia, khususnya di Asia Tenggara.

Sama halnya dengan kehidupan manusia, sebuah negara juga tidak luput dari berbagai masalah dan juga tantangan yang ada. Masalah dan tantangan ini harus dianggap sebagai batu lompatan untuk membangun negara yang lebih baik. Dibutuhkan solusi dan penanganan yang baik untuk menyelesaikan satu demi satu persoalan yang datang. Dalam hal ini, pemerintah sebagai aparatur negara yang mengemban tugas dalam mejalankan seluruh aktivitas bangsa ini.

Advertisement

Seperti yang telah kita ketahui, negara kita adalah negara kepulauan terbesar didunia, dimana ada sekitar kurang lebih 13.466 pulau didalamnya. Jika kita hanya mengandalkan dan mengharapkan kuasa pemerintah dalam mengatasi persoalan yang ada, tentunya sangatlah tidak bijak. Kita sebagai pribadi adalah satu sosok penting yang sangat dibutuhkan oleh negara dalam tumbuh dan berkembangnya.

MerdeKamu adalah MerdekaKu.

Kalimat ini ingin mengajak kita untung saling bahu membahu untuk memajukan dan mengembangkan negara kita, Indonesia. Seandainya, setiap diri masing -masing insan nusantara menggelorakan semangat merdeka ini, bukankah hasil yang didapat sangat luar biasa? Ibarat pepatah yang menyebutkan sebuah lidi sangatlah mudah patah jika dibandingkan dengan 100 buah lidi, tentulah sama halnya jika kita saling menumbuhkan semangat itu.

Terkadang kita terlalu menganggap remeh diri kita sendiri, dan selalu berpikir bahwa kita tidak dapat melakukan apa-apa. Kita selalu terkunci didalam perasaan dimana kita dihantui rasa tidak percaya diri dan pesimis. Bebaskan lah diri dari belenggu itu, merdekakan! Bentuklah diri kita menjadi cermin bagi orang lain. Bangunkan api semangat didalam diri, hingga api-api semangat yang ada disetiap diri orang lain pun ikut mulai bercahaya.

Bayangkan jika api-api kecil setiap orang bercahaya, bukankah negara Indonesia akan lebih bersinar hingga mungkin dapat menyinari negara yang lain. Marilah kita bersama-sama melalui cerita kecil ini, merenungkan kembali makna kemerdekaan kita. Merenungkan kembali api semangat yang dulu begitu berkobar dihati para pahlawan bangsa, hingga mampu membuat Indonesia merdeka.

Anggaplah api semangat yang ada didalam diri kita sebagai sebuah lilin kecil, dimana apinya dapat digunakan untuk menghidupkan lilin-lilin kecil lainnya. Percayalah, satu demi satu lilin yang ada akan mampu menghidupkan semua lilin yang masih padam. Hingga pada akhirnya, kita akan melihat dunia ini menjadi bersinar terang dan begitu menghangatkan.

MerdeKamu, MerdekaKu akan menjadi MerdekaKita.

Salam Merdeka, Indonesia Jaya!