Tidak semua memori harus dikenang, tidak semua rasa sakit harus disimpan, dan tidak semua kemenangan harus menjadi keangkuhan. Saat ini yang terpenting adalah menjadikan semua pelajaran, sebagai bekal menjalani kehidupan.

Hari ini aku belajar bahwa hidup tidak hanya soal mengejar ambisi, sebab kehidupan memiliki banyak sisi.

Jika saja kita dapat memandang dengan hati, ada hal penting yang harus kita mengerti. Bahwa kita harus saling mengisi, berbagi dan mengasihi sesama makhluk Illahi.

Ikutilah arus kehidupan yang akan mengantarkanmu pada kebaikan, meski terkadang arusnya menyakiti, bertahanlah, karena tak ada kebaikan yang sia-sia, semua yang kita lakukan akan kembali menjadi kebaikan meski mungkin tanpa kita sadari.

Matahari boleh saja terbenam di kala senja, tapi langkah kaki tak akan pernah berhenti mengejar asa. Akan ku jalin persahabatan dengan kebaikan dan ketulusan menjalaninya dengan sepenuh hati, bersamanya akan kuraih bahagia yang hakiki.

Advertisement

Aku percaya kebaikan takkan mengkhianati, jikapun nanti terluka kupercaya semua luka adalah proses pembentukkan diri agar menjadikanku lebih baik.