Kamu yang sudah pernah ke NTT, pasti pernah dong dengar yang namanya Kupang, Timor, Rote, Sumba, Flores dan Alor?! Terus kamu sudah ke mana saja selama di NTT?! Kalau kamu hanya di suatu kota atau suatu daerah, jangan sampai deh kamu cerita di teman-teman kamu di luar NTT kalau NTT itu Nasib Tak Tentu, jelek, amit-amit, dan sejenisnya, karena mungkin saja, kamu yang tidak pandai menikmati hidup di NTT.

Nih, Verny kasih tahu kenapa kamu harus enjoy hidup di NTT, karena di NTT itu surga buat kamu yang punya hobby snorkling, diving, foto-foto, traveling atau jalan-jalan (Tapaleuk,-dalam Bahasa Kupang). Apalagi buat kamu yang memang belum pernah ke NTT.

FLOBAMORA, itu singkatan dari pulau-pulau yang ada di NTT, yaitu Flores, Sumba, Timor, Rote dan Alor.

Kalau kamu diberikan kesempatan sama Tuhan untuk menginjakkan kaki di NTT, tempat-tempat ini harus kamu kunjungi dan mengabadikan gambar diri dalam koleksi foto trip and adventure kamu, biar kekinian di antara teman-teman kamu. Misalnya:

Pulau Flores

Advertisement

Kamu harus tracking yang namanya Pulau Padar dan Pulau Gili Laba di Labuan Bajo. Jangan kalah lho sama Glenn Alienski dan Chelsea Olivia yang menghabiskan bulan madunya dengan trekking ke puncak Pulau Padar yang memang aduhai pemandangannya.

Jangan sia-siakan waktu kamu juga untuk tidak mengunjungi Danau 3 warna, Danau Kelimutu yang letaknya di Ende. Selain itu kamu juga bisa mampir ke tempat di mana Presiden RI yang pertama- Ir. Soekarno, duduk merenungi dan akhirnya mendapat ide Pancasila, termasuk rumah pengasingan Bung Karno tepat di jantung kota Ende. Hayooo….

Bukan itu saja yang ada di Flores, kamu harus ke Ruteng dan Bajawa untuk melihat Kampung dan rumah pendudukyang masih kental adat istiadatnya, yaitu Waerebo, yang juga disebut negeri di atas awan, dan Kampung Adat Bena di Bajawa.

Banyak sekali tempat yang harus kamu kunjungi di Flores, ada Pulau Kanawa, Pulau Rinca, Pulau Komodo, Danau Ranamese, Villa Manulalu yang menjanjikan pemandangan Gunung Inerie di Bajawa. Ada juga Riung yang memang surganya para penyuka keindahan taman laut.

Pulau Sumba

Kamu yang ditugaskan ke Sumba, jangan langsung galau sama kehidupan, karena kamu bisa manfaatkan waktu kamu selama di pulau yang terkenal Belis (Mahar,red-) mahal itu. Ada Pantai Nihiwatu letaknya di Sumba Barat yang merupakan pantai dengan gelar 17 pantai terbaik dunia, sehingga merupakan private beach, yang gak sembarang orang bisa masuk ke sini, hehehe

Ada juga Danau Weekuri yang letaknya di Kodi Sumba Barat Daya. Kampung adat Tarung di Loli Sumba Barat, juga ada Pantai Bawana di Kodi Sumba Barat Daya. Masih banyak lagi, asal kaki kamu mampu untuk melangkah, hehehe…

Pulau Timor

Di pulau ini ada Kota yang disebut Kota Kupang, yang merupakan Ibukota Propinsi NTT, kamu bisa pergi mengabadikan gambar kamu di Taman Nostalgia yang mempunyai gong perdamaian tepat di tengah taman kota ini. Ada juga Gua Kristal yang letaknya di pinggiran kota di mana kamu dapat berendam air yang super jernih. Tidak kalah juga Pantai Tablolong, Pantai Lasiana dan Pantai Buraen. Dan jika kamu mampu ke arah timur matahari terbit, kamu bisa pergi ke Pantai Oetune di Kolbano So’e, Pantai Motadikin di Belu, Bendungan Benanain yang super besar, serta foto-foto cantik di perbatasan RI dan Timor Leste di Motamasin atau di Mota ain. Keren kan ?! Melewati garis kuning itu berarti kamu sudah ke luar negeri, lho….hehehe… Garis perbatasan antar negara.

Pulau Rote

Kalau di Pulau Rote, kamu harus datang ke daerah yang namanya Nemberala. Karena sepanjang nemberala, terdapat begitu banyak Villa dan tempat penginapan yang buat kamu betah berlama-lama. Selain itu kamu akan disuguhkan dengan deburanan ombak sepanjang Pantai Nemberalala yang juga sangat ramai dimanfaatkan oleh bule-bule peselancar.

Pulau Alor

Nah di pulau ini, kamu yang suka dengan dunia pantai dan laut, kamu pasti akan betah di Pulau yang beribukota Kalabahi ini. Pantai yang natural dan keindahan taman laut yang sudah mendapat jempol para diver dunia, tentunya tidak diragukan mengapa para bule yang datang ke Alor selalu membawa masker, snorkle dan fin dalam paket perjalanan mereka menuju Pulau Kenari ini. Pulau yang terkenal dengan keindahan taman laut, juga menyuguhkan Kampung Adat Takpala yang masih sangat tradisional. Ada juga Air Panas Tuti yang dapat membuat kamu sedikit merenggangkan jemari kaki setelah perjalanan jauhdengan berendam di hangatnya air pemandian Tuti ini.

NTT terlalu (talalu, dalam Bahasa Kupang-) Indah…. Lu (Kamu, dalam bahasa Kupang) harus ke sini. Dalam kesederhanaan masyarakatnya, tutur bahasa yang terdengar kasar karena tone yang selalu tinggi, exoticnya warna kulit masyarakat NTT, keritingnya rambut orang NTT, mereka tetap ramah kepada siapapun yang merupakan pengunjung tempat andalan mereka ini. Percayalah, karena Verny sudah pernah ke tempat-tempat tersebut, tidak hanya sekedar menulis. Salam Explore and Expose NTT.