Kamu masih sibuk juga nih hari ini?

Alhamdulillah kalo gitu. Berarti banyak kegiatan dong. Full activity ya. Saking sibuknya sampe gak bisa ngapa-ngapain. Bingung apa yang mau dikerjakan. Bingung mana yang harus diduluin. Bingung yang gak penting dilakonin, yang penting malah dicuekin. Gak tahu deh, emang sibuk atawa sok sibuk. Atawa sibuk gak karuan hehe.

Kalo saya mah bersyukur aja. Gak terlalu sibuk sekarang. Kalo kata orang udah pas, cocok. Waktunya kerja ya kerja, waktunya belajar ya belajar. Waktunya nulis ya nulis. Waktunya ama keluarga jalanin aja. Waktunya jalan ya pergi aja. Waktunya bareng ama teman ya ngikut aja. Dan waktunya ibadah ya ibadah yang khusyuk. Sibuk yang proporsional aja, sesuai ama prioritasnya. Gak neko-neko. Indah deh pokoknya, sibuk yang menyehatkan. Asyik banget ya sahabat….

Sahabat, orang yang sibuk itu bisa jadi jebakan. Terjebak pada rutinitas. Terjebak pada kegiatan fisik yang belum tentu efisien. Terjebak pada irama kesibukan itu sendiri. Maklum orang kota, orang modern. Ada aja yang pengen dikerjain, pengen dilakonin. Tapi semuanya, hasilnya gak jelas juntrungan. Sibuk yang gak jelas, sama sekali gak bisa dibanggain. Buat apa bangga? Kalo sibuk yang gak karuan.

Emang masih sibuk banget sampe hari ini?

Advertisement

Duhh, hati-hati aja. Jangan sampe kita dikepung sama kesibukan. Dan akhirnya gak tahu prioritas dalam hidup. Aktivitas padat, tapi gak tahu mana yang jadi prioritas. Acara padat, tapi gak tahu bermanfaat atau tidak. Seremmm banget sih kalo kayak gitu.

Sibuk banget ya. Maaf nih, emang orang sibuk banget atau sok sibuk pasti jadi manusia yang sebenarnya? Ahh, belum tentu kok. Apalagi sibuk yang gak karuan, sibuk yang gak jelas, sibuk tapi gak ada prioritas.

Makanya gak usah bangga kalo kita sibuk banget. Biasa saja. Karena sibuk belum tentu punya manfaat. Sibuk yang gak ada prioritas.

Lho kok bisa? Emang kenapa sih kalo sibuk banget? Masalah gitu buat lho…

Gak sih. Silakan aja sibuk. Silakan sibuk banget atawa sok sibuk. Cuma kalo kita sibuk sebaiknya gak usah bangga. Kesannya aktivitas padat, sampe gak ada waktu buat yang lain. Sibuk banget itu mengerikan karena orang sibuk biasanya mengalami kondisi 10 kondisi kayak gini:

1. Sibuk banget itu bikin kamu gak bisa menikmati masa sekarang. Karena orang yang terlalu sibuk kerjaannya selalu meributkan MASA DEPAN lalu lupa untuk menikmati MASA SEKARANG.

2. Sibuk banget itu bikin kamu gak bisa ikut momen penting. Karena orang yang sibuk banget akhirnya momen penting sama makan bareng keluarga, ngobrol sama anak atau reunian teman sekolah jadi gak bisa. Terlalu sibuk bikin kehilangan momen penting.

3. Sibuk banget itu bikin kamu gak bisa punya prioritas. Karena orang yang sibuk banget biasanya gak punya urutan prioritas dalam hidupnya. Cuma orang sibuk banget yang bilang semua kerjaan harus diselesaikan segera. Wajar jadi bingung. Gak tahu mana yang prioritas, mana yang harus ditunda.

4. Sibuk banget itu bikin kamu gak bisa kreatif, gak berkembang. Karena orang sibuk banget itu sering terjebak hanya untuk mencapai tujuan. Bergelut pada tujuan itu bikin kita gak kreatif, gak berkembang. Akhirnya jutqan inspirasi yang kita punya gak bisa diapa-apain, sayang banget.

5. Sibuk banget itu bikin kamu mengabaikan masalah. Karena banyak orang sibuk banget itu sedang "lari dari masalah". Masalah itu harus dihadapi, diselesaikan bukan ditumpuk di belakang malah bikin ruwet.

6. Sibuk banget itu bikin kamu lupa mencintai diri sendiri. Karena orang sibuk suka lupa untuk merawat tubuh, suka membiarkan diri sendiri jadi sakit. Lupa makan, lupa tidur, lupa pacaran, lupa ketawa bareng teman. Buat apa cinta kesibukan tapi lupa cinta pada diri sendiri, sungguh terlalu…

7. Sibuk banget itu bikin kamu gak tahu batasan kerja. Karena orang sibuk banget suka terpicu melakukan hal-hal yang di luar batas dirinya. Sibuk melulu, kerja melulu. Wajar jadi gak tahu batas kerja, pdahal umur aja ada batasnya. Akhirnya, sibuk banget bikin gak bisa aktualisasi diri, ciyan amat ya.

8. Sibuk banget itu bikin kamu gak punya waktu luang. Karena orang sibuk banget itu merasa gak punya waktu untuk menyenangkan dirinya sendiri. Sampe lupa keluar dari pekerjaan, keluar dari rutinitas.

9. Sibuk banget itu bikin kamu gak sehat. Karena orang sibuk biasanya lupa makan, lupa minum, lupa ketawa. Bawaannya kerja melulu jadi stress, depresi dan akhirnya sakit deh.

10. Sibuk banget itu bikin kamu lupa mimpi, lupa investasi. Karena orang sibuk banget gak punya mimpi lagi sebagai energi semangat. Impian itu kekuatan yang bikin kita mau lakukan hal-hal yang luar biasa dalam hidup. Lagian buat apa sibuk kalo gak bisa investasi di hobby, di aset. Kerja itu cukup untuk menghidupi diri dan keluarga. Selebihnya buat investasi dan masa depan. Kamu itu penting buat keluargamu, bukan buat perusahaanmu. Gak usah diperbudak pekerjaan. Jangan cuma "gimana nanti" tapi buatlah kita siap untuk "nanti gimana". Mimpilah dan investasilah…

Maaf nih, masih sibuk banget juga?

Sungguh terlalu kamu. Kurangi aja kesibukan kita. Carilah ruang yang lebih rileks. Dan buatlah prioritas dalam hidup biar lebih terarah. Mana yang prioritas, mana yang gak prioritas simpel kan…

Terus gimana dong bikin prioritas dalam hidup?

Ahh itu mah gampang. Asal kita jangan sok sibuk aja, jangan sibuk banget. Prioritas itu gampang. Asal kita tahu 3 hal yang menjadi dasar dalam menentukan prioritas dalam hidup.

1. Prioritas berdasar siapa yang paling tinggi. Allah itu paling tinggi dalam hidup, jadi prioritaskan Allah dalam hidup. Setelah itu, keluarga inti dan seterusnya. Urutkan aja dari yang tinggi ke yang rendah.

2. Prioritas berdasar amanah yang lebih duluan. Amanah hidup kita untuk apa di dunia ini? Kerjakanlah amanah yang lebih duluan datang baru yang berikutnya. Orang tua kita itu amanah yang lebih dulu maka utamakanlah baru yang berikutnya.

3. Prioritas berdasar manfaat orang banyak dan diri sendiri. Maslahat bagi orang banyak dan sedikit mudharatnya itu patut diprioritaskan. Kata Hadist "khairunnas yanfa’uhum linnaas", sebaik-baik manusia adalah yang banyak bermanfaat bagi orang lain.

Oke sahabat, gak usah sok sibuk. Gak usah bangga terlalu sibuk. Karena orang sibuk belum tentu punya prioritas dalam hidup. Sibuk gak karuan udah gak zamannya lagi. Mulailah menata diri dari sekarang, mumpung masih ada umur yang tersisa.

If you don't prioritise your life, someone else will. #BelajarDariOrangGoblok