Apa arti hadirku untukmu?

Entahlah, aku rasa pertanyaan itu terdengar ringan ketika diucapkan, tetapi terlalu sulit untuk dijawab. Aku tak pernah tahu kenapa begitu sulit untuk mencari jawabannya, menemukan jawaban yang tepat, meskipun tidak seratus persen benar. Tetapi aku akan mencoba semampuku untuk menjawabnya. Tanpa harus bertanya kepadamu, seberapa penting aku untukmu?

Ketika kita bersama, kamu selalu memperlakukanku seperti orang yang sangat istimewa dan aku selalu melakukan apapun untukmu. Membuatmu selalu bahagia ketika bersamaku. Meskipun kadang kulihat kamu menatap kosong pada satu sudut. Entah melalun, mungkin termenung.

Ketika kita bersama, hanya ada kata-kata manis yang saling terucap di antara kita. Bukan sekedar rayuan murahan yang dilantunkan sepasang kekasih yang tengah dilanda kasmaran. Melainkan kalimat magis yang akan membawa kita pada surau yang kita bangun sendiri.

Ketika kita bersama, kamu selalu tahu apa yang aku inginkan, mengerti apa yang harus kamu lakukan kepadaku. Sedangkan aku hanya menjadikanmu satu dari sekian banyak objek yang kulihat di mataku. Memfokuskan pikirkan kepada satu orang, yaitu kamu.

Advertisement

Semua hal indah itu hanya bisa kurasakan ketika kita bersama-sama, hanya berdua. Kadang aku berfikir, kamu berlaku baik dan perhatian hanya karena kamu merasa kesepian. Ketika kamu bersamaku, kamu menjadi seseorang yang menyerupaiku. Namun, ketika kamu tidak di dekatku, kamu menjelma seseorang yang lain, bukan dirimu yang kukenal. Kamu mencintaiku ketika kita bersama, sedangkan ketika berada pada tempat yang berbeda, seakan kamu tidak mengenalku. Bahkan terkadang dirimu menjadi seseorang yang tidak ingin kamu temui. Entah mengapa kamu begitu cepat berganti perasaan. Begitu mudah mencintaiku dan begitu cepat melupakanku. Aku benar-benar tak mengerti dengan kamu.

Lalu, apa arti hadirku untukmu? Entahlah, aku tak pernah bisa menemukan jawaban. Yang bisa kulakukan hanya berharap agar kamu menatapku lebih dekat dan mengingatku lebih lama ketika ada ataupun jauh dariku.