Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. (Ir.Soekarno, proklamator RI)

Dari kutipan diatas apakah kita sendiri sudah menghargai pahlawan kita? terkadang anak anak buta para pahlawan tapi sangat hafal dengan super hero buatan barat. apa hal itu termasuk penjajahan dari bangsa asing agar generasi penerus bangsa ini kehilangan jati diri nya? tentu super hero juga penting bagi perkembangan anak, super hero pun mengajari anak agar menjadi orang yang membela kebenaran tapi pahlawan kita juga mengajari kita bahwa penindasan juga harus dilawan. terus bagaimana agar anak menghargai pahlawan dan mengetahui sejarah bangsa sendiri?

PERAN ORANG TUA:

1. PERAN ORANG TUA UNTUK MENGAJARKAN SEJARAH BANGSA DAN PENGORBANAN PAHLAWAN

2. SISIHKAN UANG UNTUK MEMBELI BUKU SEJARAH ATAU BIOGRAFI PAHLAWAN

Advertisement

3. BELIKAN DVD TENTANG PERJUANGAN PAHLAWAN

4. DAMPINGI ANAK MEMBACA ARTIKEL MENGENAI PAHLAWAN

PERAN PEMERINTAH:

1. TAMBAHKAN JAM MATA PELAJARAN SEJARAH

2. BUAT FILM DOKUMENTAR (RASA NASIONALISME BANGSA INDONESIA LEBIH MEMATIKAN DARI PADA ALULISTA APAPUN)

Setelah mengetahu peran orang tua dan pemerintah, terus hal apa yang membuat pahlawan kita sering dilupakan?

HAL – HAL YANG MEMBUAT PAHLAWAN SERING DI LUPAKAN:

1. DI ACARA TELEVISI LEBIH BANYAK GOSIP DAN SINETRON DARI PADA PENGETAHUAN TENTANG PAHLAWAN

2. BANYAK SUTRADARA FILM YANG KURANG TERTARIK DENGAN LATAR BELAKANG SEJARAH ATAU BIOGRAFI PAHLAWAN LEBIH TERTARIK DRAMA, HOROR ATAU KOMEDI

3. ORANG TUA YANG TIDAK MENDIDIK ANAK TENTANG PAHLAWAN ATAU SEJARAH BANGSA

hal di atas yang menurut saya mengikis pamor pahlawan, anak anak, anak muda bahkan ibu ibu dan bapak bapak yang sangat tertarik dengan sinetron, gosip ataupun drama. saya bukan siapa siapa dan tidak bisa berbuat lebih yang saya bisa hanya menulis artikel ini semoga kawan kawan dirumah senantiasa mengajarkan anak, adik , keponakan atau tetangga mengenai sejarah dan tokoh pahlawan. Saya sendiri prihatin banyak sutradara malah tidak tertarik dengan latar belakang sejarah bangsa sendiri atau pemerintah dengan uang yang mampu membeli tank, senapan, kunjungan luar negeri tapi meembuat film dokumentar pun tidak mampu. Yang saya bisa lakukan saat ini hanyalah menulis artikel ini, mungkin sobat semua yang turut prihatin tentang pamor pahlawan yang mulai terkikis bisa share agar orang lain membaca.

Sekian, Terima kasih