Hallo… Ada yang tahu apa itu Banda Neira? Ada yang pernah mendengar namanya? Yap! Banda Neira merupakan band yang terdiri dari dua anggota yaitu Ananda Badudu (Ananda) dan Rara Sekar (Rara). Ada banyak lagu yang telah dirilis oleh Banda Neira, namun kali ini kita hanya akan membahas satu lagu saja. Lagu itu berjudul berjalan lebih jauh. Kira-kira seperti ini liriknya :

Bangun,
Sebab pagi terlalu berharga
Tuk kita lewati
Dengan tertidur

Bangun,
Sebab hari terlalu berharga
Tuk kita lalui dengan
Bersungut-sungut

Bangun,
Sebab hidup teramat berharga
Dan kita jalani
Jangan menyerah

Berjalan lebih jauh
Menyelam lebih dalam
Jelajah semua warna
Bersama, bersama

Advertisement

Berjalan lebih jauh
Menyelam lebih dalam
Jelajah semua warna
Bersama, bersama, bersama

Buat kalian yang lagi ada masalah atau lagi down, saya rekomendasikan untuk segera mendengarkan lagu ini. Dijamin bakal nambah semangat! Banyak hal yang dapat kita jadikan pelajaran dari lirik lagu tersebut. Yang tentunya akan menambah semangat kita untuk menjalani hari-hari dengan penuh warna.

Yang pertama, mengajarkan kepada kita untuk menjadi pribadi yang tidak bermalas-malasan

Dari lirik pertama “sebab pagi terlalu berharga tuk kita lewati dengan tertidur” mengajarkan kita untuk tidak bermalas-malasan ketika pagi datang. Jangan sampai kita melewatkan pagi yang indah hanya dengan tidur-tiduran tanpa melakukan aktivitas yang bermanfaat ya..

Kedua, mengandung pesan agar kita tidak mudah emosi

Emosi kamu sering tidak stabil? Coba putar lagu ini berulang-ulang. Pahami makna yang tersirat dalam setiap liriknya. Dari lirik “sebab hari terlalu berharga tuk kita lalui dengan bersungut-sungut” tersirat bahwa lirik ini mengajak kita untuk menjalani hari dengan riang gembira. Jangan sampai setiap hari kita menunjukkan ekspresi wajah yang ditekuk-tekuk. Tetaplah tersenyum setiap hari, walaupun masalah terus datang menghampiri. Mungkin senyuman tidak bisa menjadikan masalah yang ada menjadi tiada begitu saja, namun setidaknya dengan senyuman, masalah itu menjadi tidak terlalu membebankan kita.

Ketiga, mengajak kita untuk menjadi sosok yang pantang menyerah dalam hal apapun

Jika kamu mempunyai pikiran untuk menyerah sekarang, maka ingatlah bahwa hidup ini sangatlah berharga. Kita hidup di dunia hanya sekali. Maka terus kejar apa yang kamu impikan dan manfaatkan semua kesempatan yang ada didepan. Walaupun mimpi itu belum bisa kita gapai, teruslah melangkah, jangan menyerah. Karena kita tidak akan pernah tahu mimpi kita dapat tercapai atau tidak jika kita tidak terus berusaha dan mencoba.

Keempat, mengajarkan kita untuk senantiasa menambah pengetahuan dan pengalaman

Jika kamu merasa pengetahuan dan pengalamanmu kurang, maka berjalanlah lebih jauh. Kita diberi pesan agar selalu dan selalu mencari pengalaman dan menambah pengetahuan yang kita miliki. Melangkah lebih jauh dari tempat dimana kita berada sekarang. Melangkah lebih jauh dari apa yang kita miliki saat ini. Menggapai semua angan dan mimpi serta memuaskan diri. Bahagiakan dirimu sendiri.

Kelima, lebih memfokuskan diri terhadap suatu hal yang tengah kita kerjakan

Tak ketinggalan lirik “menyelam lebih dalam” juga mempunyai makna yang mendalam. Kira-kira apa ya? Apakah kita harus pandai berenang agar bisa menyelam dalam-dalam? Tentu saja bukan. Ya, menyelamlah lebih dalam, maka kamu akan menemukan banyak hal yang belum pernah kamu temukan sebelumnya. Jangan hanya puas dengan mengetahui sebagian hal. Terus cari sampai dalam. Kalau perlu sampai ke akar.

Keenam, sebagai generasi muda kita harusnya lebih banyak menjelajah hal-hal baru

Masa muda harus benar-benar kita manfaatkan dengan bijaksana. Pergilah kesana kemari agar kamu punya banyak cerita, agar hidupmu tak hanya itu-itu saja dan tentunya agar hidupmu lebih berwarna. Perbanyaklah mencari teman. Karena teman dapat mengkikis rasa kesepian. Dengan teman, kamu dapat berbagi banyak hal. Nikmati hari-hari indahmu bersama teman-temanmu. Jangan sedih jika tidak punya pasangan. Karena hidup tidak selalu tentang dua insan yang sedang kasmaran. Dan karena kebahagiaan dapat kita temukan ketika kita bersama teman.