Kondisi kehamilan pada seorang wanita memang cenderung membuat anda merasa malas melakukan aktivitas seperti biasanya. Hal ini adalah kondisi yang normal sebab hormon kehamilan umumnya membuat tubuh terasa lemas dan berat. Akan tetapi sebaiknya, tidak selama masa kehamilan yang panjang pula anda dapat menghabiskannya dengan hanya bermalas-malasan dan bersantai. Olahraga untuk ibu hamil berguna dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

Selain itu, menjadi pasif selama kehamilan tentu menjadi hal yang tidak baik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang kurang bergerak akan beresiko untuk kesehatan dan janin dalam kandungannya. Hal ini tentu akan sangat disayangkan bila anda hanya menghabiskan sebagian besar waktu anda didalam rumah dan bermalas-malasan. Selain itu, kabarnya melakukan olahraga secara rutin selama masa kehamilan akan dapat melindungi janin dan anak anda dari resiko penyakit jantung yang berbahaya.

Alasan Mengapa Olahraga bagi Ibu Hamil Sangat Penting

Dalam sebuah penelitian yang diadakan oleh para ahli mengungkapkan bahwa olahraga yang dilakukan selama masa kehamilan akan mampu mencegah anak dari kemungkinan penyakit kronis dan berbahaya, termasuk dengan penyakit jantung. Hal ini pun akan melindungi si kecil dari resiko penyakit selama mereka dikandung dan saat beranjak dewasa nanti. Bukan hanya itu, olahraga yang baik dilakukan selama masa kehamilan pun akan menghindarkan anak dari resiko mengalami penyakit darah tinggi yang mana hal ini sama artinya baik untuk kesehatan jantungnya.

Dengan demikian maka tidak ada salahnya melakukan olahraga yang baik selama masa kehamilan. Sebab hal ini bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan ibu, namun juga janin yang ada didalam kandungan akan sangat bermanfaat dalam menghindarkan mereka dari ancaman masalah. Selain penelitian yang dilakukan di Amerika, penelitian lain yang lebih spesifik pun menunjukan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang aktif bergerak secara fisik selama masa kehamilan memiliki kemungkinan besar melahirkan bayi dengan berat badan yang normal dan tekanan darah yang normal.

Advertisement

Olahraga yang dilakukan selama masa kehamilan dapat mengubah resiko penyakit kardiovaskular yang terjadi didalam rahim. Hal ini tentu tidak dijumpai pada ibu hamil yang cenderung pasif atau kurang bergerak selama masa kehamilannya. Sebaliknya, mereka yang kurang bergerak selama masa kehamilan seringkali dihinggapi banyak resiko penyakit. Salah satunya yang paling menyeramkan adalah resiko obesitas selama masa kehamilan. Dimana kondisi ini bisa mengancam kelahiran normal pada bayi yang akan mereka lahirkan.

Selain itu, dalam pengamatan ini pun mereka menemukan bahwa wanita yang aktif melakukan pergerakan fisik olahraga terutama pada masa trimester ketiga menunjukan hasil positif dalam menghindarkan resiko tekanan darah tinggi pada bayinya.

Mengetahui Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil yang Mudah Dilakukan

Selain asupan vitamin dan nutrisi yang diperoleh dari aneka ragam makanan sehat. Hal penting lain yang perlu ibu hamil lakukan guna mencegah masalah kesehatan adalah dengan berolahraga. Sayangnya, banyak ibu hamil malas melakukan olahraga karena beberapa hal. Salah satunya adalah hormon kehamilan yang membuat mereka malas melakukan banyak aktivitas. Belum lagi, kondisi perut yang semakin membuncit seringkali membuat aktivitas yang dilakukan cenderung terkendala.

Olahraga yang dilakukan secara teratur pun akan sangat baik untuk kesehatan janin didalam kandungan. Hal ini pun dapat mencegah bayi dari masalah penyakit kronis pada saat mereka dilahirkan nanti. Hanya saja, olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil tentunya bukan sembarang olahraga yang bisa disamakan dengan mereka yang tidak hamil. Ada beberapa olahraga yang baik yang dianjurkan dilakukan oleh wanita selama masa kehamilan. Beberapa jenis olahraga ini akan sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh anda dan janin dalam kandungan. Berikut diantaranya ;


  • Jalan kaki dan Jogging

Olahraga sederhana yang akan sangat direkomendasikan untuk anda para ibu hamil guna menjaga stamina dan kebugaran tubuh adalah banyak jalan kaki dan jogging. Kegiatan yang satu ini dapat anda lakukan setiap pagi selama masa kehamilan. Jogging di pagi hari akan memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh anda. Selain itu, tubuh pun akan terasa lebih nyaman dan lebih bersemangat ketika anda mampu bangun di pagi hari dan melakukan olahraga. Selain baik untuk kesehatan, jalan kaki dan jogging pun menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan oleh dokter kandungan. Jadi demikian anda akan dapat melakukan olahraga ini dengan rutin tanpa perlu khawatir.


  • Berenang

Jenis olahraga yang selanjutnya yang akan dapat aman dilakukan selama masa kehamilan adalah berenang. Berenang akan menjadi salah satu olahraga yang baik dalam menghindari masalah penyakit kronis pada bayi atau janin dalam kandungan anda. Sehingga demikian, pergerakan olahraga ini akan dapat anda lakukan sengan rutin selama masa kehamilan. Hanya saja, bila anda khawatir dengan keselamatan anda maka minta pasangan untuk mendampingi anda selama berenang. Atau bila tidak memungkinkan maka gunakan jasa pendamping atau pelatih renang.


  • Yoga

Anda mungkin sudah kenal dengan olahraga yang satu ini. Pergerakan pada yoga yang berfokus pada gerakan peregangan dan teknik pernapasan ini memang akan sangat baik dilakukan oleh wanita selama masa kehamilan. Bahkan ada olahraga prenatal yoga yang memang dikhususkan untuk ibu hamil. Anda bisa mencoba jenis olahraga untuk ibu hamil ini dan aman dilakukan selama masa kehamilan. Agar kesehatan janin dan kebugaran tubuh ibu senantiasa terjaga dengan baik.