Kartini mewakili wanita di indonesia, bahkan dunia untuk beremansipasi, bukan melepaskan tanggung jawab sebagai wanita sesungguhnya yang tak terlepas dari tanggung jawabnya.

Menurut saya perempuan adalah manusia terhebat, manusia terunik mengapa? Karena perempuan bisa menjadi seperi bunglon menyesuaikan diri untuk keadaan.

Mereka memiliki kekuatan yang lebih dari sekedar cantik. Cantik yang tidak perlu dipaparkan melalui pakaian-pakaian seksi, cantik yang tidak perlu diumbar dengan rambut melambai dan tinggi yang semampai.

Mereka merepresentasikan cantik dengan kecerdasan, menghidupi mimpinya, terjun dalam ambisinya, menjadi ibu yang luar biasa, tanpa takut dengan konsep-konsep kecantikan yang sekarang sedang merajalela, terutama di sosial media.

Menghargai diri sendiri dan berambisi untuk menjadi versi diri kita yang lebih baik, akan lebih berharga. Pasanganmu mencintaimu lebih dari sekedar tampilan luarmu, yang ia tahu, bersama kamu, mimpinya dan mimpimu akan bersatu padu dan menjadi nyata. Ah aku masih bersyukur untuk ini aku memang beruntung.

Advertisement

Perempuan mulai masuk dalam politik, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya. Menjadi lebih dari sekedar cantik itu luar biasa menurut saya. Tidak terbatas bagaimana kamu mengaplikasikan make-up yang harganya selangit, kecerdasan mampu mengalahkan harga-harga tersebut.

Menjadi seorang perempuan cerdas tentu akan melahirkan generasi yang cerdas pula. Ibarat sebuah kutipan yang pernah saya dengar,

-Pendidikan anak itu tidak dimulai dari dini, tapi dimulai dari mencari istri-

Terkadang saya juga merasa kalah dari penampilan fisik, tapi Tuhan memberi saya kesempatan menempuh pendidikan yang baik, yang membuat saya berbeda, dan tetap berkarya walaupun hanya dengan kecantikan yang sederhana.

Memaafkan segala kekurangan yang ada dalam diri kita adalah hal paling sulit, namun bersyukur dapat menyempurnakannya.

Cantik saja itu tidak cukup. Anak kita tumbuh dewasa oleh cinta dan pendidikan yang kita berikan, bukan make-up atau baju bagus yang kita kenakan. Mereka akan menghargai kita sebagai sosok wanita yang lebih sempurna.

Hargai dirimu sendiri, dan semesta akan mengikuti.

Aku bangga dengan diriku meskipun aku tak bisa tampil cantik dengan make up, bukan berarti wanita bermake up adalah wanita yang tidak percaya akan kecantikannya sehingga harus didempul dengan make up atau bahkan mengorban kan uang untuk perawatan mereka bersifat buruk.

Namun mereka berusaha menjadi indah dan tampil menyenangkan. Agar disenangi dan membahagiakan dalam hal ini mungkin adalah pasanagannya.

Sebagai wanita kita memang harus menjadi wanita super, kini kita tak harus berdiam diri menunggu kita harus mulai bergerak menerabas melampaui batas kita, tetap tanpa melewatkan aturan dan semestinya sebagai perempuan