Kamu masih muda, jalan panjang penuh harapan masih membentang. Inilah kesempatanmu. Pergilah, melangkahlah, bawa dirimu ke tempat yang belum pernah kau datangi sebelumnya. Tempat mimpi-mimpimu bersembunyi, tempat harapan-harapanmu menunggu untuk diraih. Keluarlah dari zona nyamanmu, keluarlah dari lingkungan yang hangat dan terlalu mudah, kepakkan sayapmu dan terbanglah yang jauh.

Berat memang meninggalkan kampung halaman dan mengubah status menjadi perantauan, tapi percayalah semua itu ada balasannya. Dibandingkan dengan mereka yang hanya duduk-duduk manis menunggu keajaiban itu, kamu sudah melangkah lebih jauh menjemput bola. Seperti yang mereka selalu bilang, hal-hal baik datang pada mereka yang menunggu, tapi hal-hal yang jauh lebih hebat akan datang pada mereka yang berusaha.

Benar, tentu saja, selagi kamu muda. Selagi kaki-kaki itu masih kuat melangkah, selagi mata masih awas menatap dunia, selagi api dalam jiwamu masih membara. Sebelum kamu memutuskan untuk beristirahat dan membangun kehidupan masa senja, sebelum kamu menemukan belahan jiwa dan membangun hidup bersama, sebelum kamu menyesal karena mimpi-mimpi itu sirna. Pergilah.

Kamu adalah nahkoda kapalmu, jangan biarkan ocehan tak relevan mereka menjadi jangkar pemberat, jangan biarkan omongan mereka menjadikan layarmu tersendat. Ingatlah bahwa kamulah penentu takdirmu, kamulah yang akan berjuang untuk cita-cita itu. Bukan mereka yang membenci atau meragukanmu. Jika memang kebahagianmu sendiri tidak cukup melecut semangatmu, bayangkan kebahagian orangtua dan belahan jiwa masa depanmu. Terdengar sedikit klise memang, tapi demikianlah adanya. Jika memang berharga, kamu akan dengan suka rela berjuang untuk mereka. Meskipun harga yang harus kau bayar adalah melangkah sedikit lebih jauh untuk waktu yang cukup lama.

Semua orang tahu meninggalkan itu berat, sangat berat. Tapi kembali dari rantau dengan sejuta cerita dan pengalaman akan membuatmu lebih hebat. Jauh dari mereka yang kau sayangi demi meraih mimpi dan senyum kagum mereka akan membuatmu kuat. Pergilah, agar kamu tahu betapa berharganya kasih sayang dan do'a mereka yang jauh. Agar kamu tahu betapa bahagianya berjuang demi tiket kereta di musim liburan. Agar kau tahu betapa bahagianya mendapat ekstra cuti di libur panjang akhir pekan. Pergilah, agar kamu punya cerita-cerita seru untuk dibagi saat reuni. Agar kamu tahu dan melihat sendiri senyum bahagia mereka saat melihatmu kembali.

Advertisement

Dan untuk kamu, anak-anak rantau, bertahanlah, jangan menyerah, seberat apapun kerinduanmu akan rumah. Kamu berhasil membuat mereka bangga, kamu telah berhasil membuat mereka bahagia. Kamu telah berhasil membuktikan bahwa kamu bisa. Siapkan ceritamu, bawa pulang mimpimu, buat mereka iri dan terinspirasi.