Orang yang memilih untuk melanjutkan jenjang pendidikan sambil bekerja memang sangat luar biasa. mereka bekerja dari pagi sampai terbenam matahari, demi membayar biaya kuliahnya sendiri. Malam hari sehabis pulang kerja, mereka melanjutkan langkah kaki menuju kampus. Seolah tiada lelah, mereka tetap terlihat bersemangat dan sangat berantusias untuk mendapatkan ilmu walaupun harus menghadapi macetnya arus lalu lintas ibukota.

Di saat orang lain sudah terlelap dalam memori, barulah mereka kembali pulang untuk beristirahat. Di kala akhir pekan datang, mereka lebih memilih untuk beristirahat dan mengerjakan tugas. Sisa cuti yang ada hanya dapat dipakai untuk mengikuti ujian. Menjelang libur semester tiba adalah saat yang sangat menggembirakan bagi para pekerja sekaligus pelajar ini. Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk liburan, berbelanja, berkumpul bersama teman dan keluarga. Mereka yakin bahwa Tuhan selalu bersama orang – orang yang sedang berusaha.

Seperti kata pepatah:

Perjalanan sejauh 1000 mil dimulai dengan satu langkah.

Semoga perjuangan ini akan berbuah manis, semanis persahabatan ombak dengan langkah kaki yang menapaki pasir pantai di waktu senja.