Mau sedikit bahas tentang kepribadian ambivert nih, kayaknya menarik deh. Pernah denger istilah ambivert? Masih agak aneh ya dengernya? Karena memang tipe kepribadian yang sering kita denger itu adalah tipe kepribadian ekstrovert dan introvert, dan pengukuran dari kedua kepribadian ini seringkali dilakukan secara kaku, dimana orang-orang yang pandai bergaul dikategorikan ke dalam tipe ekstrovert, dan orang-orang yang lebih suka menyendiri dikategorikan ke dalam tipe introvert. Terus gimana bagi yang ngerasa masuk ke dalam kategori keduanya ya. Kayak admin nih. 😀 Cek ciri-cirinya di bawah ini ya!

Ambivert Memiliki Kepribadian yang Bisa Dibilang Fleksibel

Orang-orang ambivert memiliki dua tipe kepribadian, mereka bisa menjadi ekstrovert dan juga introvert. Mereka termasuk tipe orang yang menyukai keramaian, namun terkadang mereka membutuhkan waktu-waktu tertentu untuk menikmati Me Time mereka, hal ini dilakukan untuk menambah mood mereka dan menghindari kejenuhan dari aktivitas biasanya.

Ambivert Kadang Bingung dengan Kepribadian Mereka Sendiri

Mereka yang tergolong ambivert, tidak bisa memastikan apakah mereka masuk ke dalam tipe ekstrovert atau introvert, karena merasa memiliki sifat seperti point satu di atas. Jadi bagi temen-temen yang masih bingung apakah termasuk atau tidaknya ke dalam salah satu dari kedua kepribadian itu, berarti temen-temen juga tergolong tipe ambivert deh.

Advertisement

Kepribadian Mereka Bisa Berubah Sesuai Kondisi dengan Siapa Mereka Berbicara

Sesuai dengan istilahnya ambivert yaitu “ambi”, menurut KBBI yang berarti bentuk terikat dua pihak. Ambivert bisa terikat dengan kedua tipe ekstrovert dan introvert. Begitupun saat mereka berbincang dengan lawan bicara, mereka mampu menyesuaikan diri sesuai dengan siapa lawan bicaranya. Saat sedang berbicara dengan si ekstrovert, maka ambivert akan berperan sebagai introvert. Begitupun sebaliknya.

Ambivert Lebih Tertarik dengan Percakapan yang lebih Mendalam

Seorang ambivert suka akan perbincangan yang bersifat ringan, lelucon, atau sekedar basa basi. Tapi mereka akan lebih tertarik dan bersemangat saat lawan bicara mereka merujuk pada perbincangan yang lebih mendalam, spesifik, atau membahas topik yang lebih serius. Misalnya perbincangan tentang pengalaman hidup seseorang yang dapat memberikan mereka pelajaran hidup yang baru.

Tahu Kapan Mereka Harus Berbicara dan Kapan Harus Diam

Mereka dengan tipe kepribadian ambivert tidak melulu banyak bicara seperti halnya ekstrovert, dan juga tidak lebih banyak diam seperti yang dilakukan introvert. Si ambivert lebih pandai membaca situasi, tahu kapan harus angkat bicara dan kapan harus mendengarkan. Contohnya nih, pas temennya lagi curhat. Si ambivert akan membaca situasi apakah temennya itu cerita cuma buat didengerin atau memang butuh masukkan.

Cenderung Santai dan Tidak Banyak Menuntut

Ambivert termasuk tipe orang yang santai loooh alias woles, ga’ banyak menuntut sama siapapun. Baik itu ke temen, pasangan, bahkan orang tua mereka sendiri. Mereka tipe orang yang bisa menyeimbangkan take and give. Mereka akan berusaha memberi kebahagiaan kepada siapa aja yang udah ngasih mereka kebahagiaan. Waaaahhh… ambivert pasangan idaman nih. Bagi kamu yang ngerasa udah ngasih hati kamu ke ambivert, yakin bakal dikasih hati juga looh sama dia. Haha, ga’ kok admin becanda.

Dalam Media Sosial Ambivert sangat sulit untuk ditebak

Ambivert cukup senang nge-share hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mereka di media sosial seperti yang dilakukan ekstrovert, tapi juga kadang sangat malas update di media sosial. Ada waktu dimana mereka kadang cuma nge-share hal-hal yang ga’ berkaitan dengan mereka sama sekali. Atau bahkan sewaktu-waktu hilang beneran dari media sosial. Aneh ya ..

Seringkali Bingung Menentukan Rencana di Akhir Pekan

Ini nih ciri spesifik seorang ambivert, mereka itu tipe orang yang bisa dibilang plin plan terhadap planning akhir pekan. Kadang mereka bingung waktu libur ini apakah akan dihabiskan buat meet up bareng temen-temen diluar, atau hanya ingin sekedar duduk-duduk santai dan mendengarkan musik di rumah. Makanya orang-orang di lingkungan ambivert sering geram, karena ambivert sewaktu-waktu bisa cancel mendadak ajakan temennya. Yang sabar aja yaa temen-temennya ambivert…. 😀

Nah, itulah beberapa ciri orang dengan tipe kepribadian ambivert, sekarang sudah tahu kan temen-temen tergolong ambivert atau bukan. Terima kasih karena sudah mampir yaaa …