Salah satu hal yang membuat saya merasa penasaran ialah melihat terbenamnya matahari di pesisir pantai, karena seumur hidup saya belum pernah sama sekali menyaksikan sunset. Ingin sekali saya bisa melangkahkan kaki saya di pesisir pantai ketika sunset terjadi, yang saya bayangkan tentunya kebahagiaan karena bisa menyaksikan secara jelas proses terjadinya sunset hal ini tentunya akan tersimpan kuat di memori otak saya ketika menyaksikan kebesaran Alloh Subahanahu Wata’ala yang telah menciptakan matahari yan bisa menerangi seluruh dunia.

Matahari sebagai salah satu pusat pencahayaan bumi ini bisa juga menjadi penentu besar kecilnya arus ombak yang terjadi di lautan, salah satunya terjadi ketika matahari mempengaruhi laju angina laut maupun darat sehingga besar kecilnya arus ombakpun sangat besar dipengaruhi oleh kecepatan angin laut maupun darat.

Kaitan antara angin dan arus ombak itu laksana sebuah persahabatan yang tidak bisa dipisahkan, keduanya saling mempengaruhi satu sama lain. Ketika angina yang berhembus dari lautan itu besar maka arus ombakpun akan senantiasa besar seuai dengan besar kecilnya hembusan angina yang terjadi.