Lebaran segera tiba, dimana moment ini sering dimanfaatkan sebagai waktu untuk berkumpul bersama keluarga besar. Saat berkumpul bersama keluarga besar inilah biasanya akan muncul berbagai pertanyaan-pertanyaan jebakan yang kadang kita sendiri bingung mau jawab gimana.

Untuk mengatisipasi munculnya berbagai pertanyaan-pertanyaan yang nggak diinginkan, bolehlah kita siapin dulu jawaban mulai sekarang. Kira-kira apa aja sih yang sering ditanyakan.

Buat kalian yang menyandang status mahasiswa.

“Momok menakutkan mahasiswa adalah ketika muncul pertanyaan, skripsi sampe mana? Kapan wisuda? Masih ingat Tito anaknya Pakde Marwan, dia baru aja wisuda dengan IPK cumlaud lho.”

Huh berasa mau runtuh nih langit kalo denger pertanyaan itu. Rasanya kita udah berjuang mati-matian buat bisa nylesein skripsi secepat mungkin. Tapi apa daya, mereka kadang nggak mengerti betapa berlikunya proses yang kita lalui buat ketemu dosen, buat cari literatur, buat revisi. So, kalo ada yang nanyain gimana skripsi tenangin aja yess, nggak perlu baper. Semoga tahun ini jadi tahun terakhir menyandang status sebagai mahasiswa.

Advertisement

Buat kalian yang menyandang Gelar Sarjana tapi Belum Juga Kerja

Setelah lolos dari tahap pertanyaan “gimana skripsi, udah sampe mana? IPK berapa”. Itu artinya kalian mulai memasuki fase selamat datang dunia pengangguran. Nggak memungkiri, saat ini banyak anak muda yang setelah lulus dari bangku perkuliahan dan menyandang gelar sarjana masih mencari-cari lowongan kerja. Bagaikan mencari jarum dalam tumpukan jerami, begitulah fakta yang terjadi saat ini. Ribuan orang saling berebut posisi di sebuah perusahaan maupun instansi pemerintahan. Ada yang begitu lulus langsung diterima kerja, ada juga malah yang belum lulus tapi udah kerja lebih dulu, nah apesnya kita masuk dalam golongan yang udah lulus tapi belum dapet kerja alias masih menganggur. Biasanya di fase ini kita jadi lebih sensi sama pertanyaan udah dapet kerja belum?kerja dimana?

Santai aja kali, nggah usah dibawa ke hati. Jawab aja sementara belum dapat kerja, aku kerja bantuin Bapak Ibu dirumah sebagai bentuk terima kasihku selama ini, eaaa so sweet kan

Buat kalian Para Tuna Asmara

Khusus buat yang satu ini pasti bakalan bikin baper tingkat langit ketujuh. Setelah melalui tahap kapan lulus, kapan kerja, momok selanjutnya adalah pertanyaan kapan nikah?.

Pertanyaan ini adalah pertanyaan sensi tapi menjadi pertanyaan wajib yang sering ditanyakan dimoment ngumpul bersama keluarga besar, ataupun reuni dengan teman sekolah. Jangankan yang jomblo, yang udah punya pasangan aja kelewat baper kalo ditanyain kapan nikah. Mau gimana lagi, kadang kita nggak bisa menghindar dari pertanyaan tahunan kayak gini. Dan tipsnya adalah, nggak perlu dibikin baper lah ya, cukup diaminkan aja dengan jawaban mohon doanya atau gantian ajah dibalik pertanyaannya “saya rencana nikah tahun depan asalkan om tante bantuin buat catering yah, atau saya siap aja om tante nikah tahun ini, calonnya dari om tante kan?.

Nah itu tadi beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat moment-moment kumpul bersama keluarga. Buat antisipasi aja sih bentar lagi kan moment lebaran dan long holiday so siapin diri dari pertanyaan-pertanyaan wajib diatas ya gays.