Saya Siska Putri Rahayu, saya sudah mulai merantau di saat kelas 1 SMP di sebuah kota kabupaten yang berada di Provinsi Jambi. Sebelumnya saya adalah anak yang lemah akan tantangan kehidupan, mengingat umur saya yang masih remaja 12 tahun. Tapi dari sini kemandirian hidup mulai saya dapatkan. Tidak lepas dari nasihat yang diberikan kakak saya pada saat itu.

Sebelumnya mungkin saat masih di rumah bersama orangtua, makanan masih milih-milih dan urusan pakaian pun masih di bantu orangtua dan kakak. Tapi saat merantau, saya mulai mengerti cara mengurus diri sendiri dan membantu orang lain.

SMA pun saya berusaha mandiri walaupun sudah tinggal bersama kakek. Akan tetapi saat kuliah, tantangan untuk hidup mandiri lebih berat lagi mengingat saya sudah lumayan jauh untuk mencari ilmu saat itu.

Tinggal di kota yang cukup besar dan mengenal teman dari berbagai daerah membuat pengalaman hidup lebih menyenangkan! Yang perlu diingat, kita harus tetap memiliki komitmen untuk tetap fokus pada tanggung jawab kita sebagai pelajar dan menyelesaikan study pada waktunya.

Alhamdulillah, pada saat itu saya mampu selesai dengan nilai cukup memuaskan dan sekarang telah bekerja di perusahaan pelayaran yang ada di Pulau Bintan.

Advertisement

Seperti pesan nenek moyang kita, merantaulah sampai ke Negeri Cina. Tapi tetap ingat akan tanggung jawab kita. Jangan sampai terhanyut oleh kebebasan hidup mandiri dan melupakan tanggung jawab kita.

Apa yang kita lakukan saat ini akan berpengaruh untuk kehidupan kita di masa depan.