Karang Jahe merupakan salah satu destinasi wisata pantai berpasir putih yang terletak di Jalan Rembang Lasem, Desa Punjulharjo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Pantai Karang Jahe memiliki pemandangan alam laut yang indah yaitu berupa hamparan pasir putih yang luas serta deretan pohon cemara yang berjejer di sepanjang pantai. Konon nama Karang Jahe diambil karena dulunya di tempat ini terdapat serpihan karang yang bentuknya menyerupai jahe. Secara geografis letak Pantai Karang Jahe sekitar 5 KM timur Kota Rembang, atau sekitar 5 KM barat kota Lasem, Jawa Tengah.

Akses menuju Karang Jahe juga cukup mudah, Dari Kota Semarang atau Rembang, posisi Pantai Karang Jahe terletak di Utara jalan atau sebelah kiri jalan. Sedangkan dari arah Kota Surabaya atau Kota Lasem, Pantai Karang Jahe terdapat di kanan jalan. Sebagai patokan sebelum sampai pada lokasi, di jalan masuk menuju pantai kita akan menjumpai gapura yang bertuliskan Desa Punjulharjo, dari sebelah barat lokasi gapura kita dapat menjumpai sebuah papan bertuliskan Selamat Datang di Pantai Karang Jahe.

Tiket masuk menuju Pantai Karang Jahe juga cukup murah, yaitu sebesar 3000 rupiah untuk biaya parkir sepeda motor, dan sebesar 10.000 rupiah untuk mobil, sedangkan untuk bus biasanya pengunjung dikenakan sekitar 15.000 sampai 35.000 rupiah. Di Pantai Karang Jahe sendiri pengunjung dapat melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari berenang, bermain air, menyewa ATV, naik perahu, bermain pasir, dan lain-lain.

Pantai Karang Jahe sendiri cenderung memiliki ombak yang cukup tenang dan relatif aman. Meski begitu jangan khawatir, di tempat ini pengunjung yang tidak bisa berenang dapat menyewa ban sebagai pelampung. Hal yang begitu dinanti para pengunjung pantai Karang Jahe adalah waktu senja tiba. Pengunjung akan dapat menyaksikan eksotisme matahari terbenam ataupun menyaksikan keindahan matahari terbit saat pagi menjelang.

Sebagai fasilitas pendukung, pengelola juga sudah menyediakan mushola, toilet yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Untuk pengunjung yang tidak membawa bekal jangan khawatir akan mengalami kelaparan setelah puas bermain-main, karena disana sudah banyak warung yang berjejer menjajakkan aneka makanan dan minuman yang dapat disantap di bawah pohon cemara yang rindang dan hijau.

Advertisement

Menurut rencana dari pengelola, nantinya Pantai Karang Jahe tidak hanya berfungsi memperbaiki gugusan karang saja tapi pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan memasang blok beton dengan tujuan karang di tempat tersebut dapat tumbuh dengan baik. Sehingga dapat dijadikan tempat berkembangbiak ikan serta dijadikan tempat memancing dan diving. Hal ini tentu akan memberi potensi besar bagi Pantai Karang Jahe, yang secara tidak langsung berdampak pada peningkatan perekonomian penduduk yang berada di sekitar pantai tersebut.