Jika kalian mengenal Malang karena wisata pantainya, Malang juga punya ragam wisata yang tak kalah menarik dari pantainya, salah satunya wisata sumber mata air. Dilihat dari namanya sudah bisa dibayangan jika pemandangan yang disuguhkan adalah kejernihan dan kemurnian airnya. Akhir pekan lalu, saya berkesempatan untuk menikmati wisata sumber sirah di Gondanglegi Kabupaten Malang dan sumber pitu di Tumpang. Meski sama bernama sumber, keduanya menyuguhkan pemandangan yang berbeda loh.

Sumber sirah

Sumber sirah berlokasi di daerah Gondanglegi Kabupaten Malang, kurang lebih 45 menit waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke lokasi dari pusat kota Malang. Nah di sumber sirah inilah kita bisa melakukan snorkeling alias menyelami keindahan di bawah air, bahkan banyak pengunjung yang mengklaim bahwa sumber sirah adalah surganya snorkeling air tawar. Saking jernihnya air di sumber sirah, dari permukaan air saja kita sudah bisa melihat tananaman sejenis ganggang kecil hijau, pasir di dasar kolam alami, bebatuan kecil, hingga ikan-ikan kecil yang akan setia menemani kita untuk menikmati kolam alami sumber sirah. Nah kalua dari atas aja udah bisa melihat pemandangan yang indah, apalagi saat kita menyelam. Kipa lop ker!

Untuk menuju ke sumber sirah dari pusat kota Malang, jalan terbaik adalah melalui Bululawang dan menuju ke arah pabrik gula di Krebet. Nah agar tidak salah pilih jalan seperti yang sudah saya alami, disarankan untuk melewati jalan umum saja, dengan kata lain jangan tergoda untuk mempercepat perjalanan dengan melewati gang kecil bertanda jalan pintas. Karena saat melewati jalan pintas, kalian akan menjumpai jalan setapak yang hanya muat untuk roda sepeda motor bergulir di antara makam warga.

Untuk bisa menikmati keindahan sumber sirah, kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak, cukup 4.000 rupiah termasuk dengan uang sepeda motor. Selanjutnya jika ingin menikmati sumber sirah di atas ban, warga sudah menyediakan dengan harga sewa yang murah, 3.000 ruipah untuk ban kecil dan 5.000 rupiah untuk ban besar. Untuk kamar mandi dan loker penyimpanan barang jangan khawatir, warga juga sudah memfasilitasinya dengan baik, jadi tunggu apalagi, ayo segera rencanakan mengunjungi sumber sirah ya.

Advertisement

Sumber Pitu

Jangan terkecoh dulu, Malang memang punya dua objek wisata dengan nama pitu, Coban pitu di Pujon dan sumber pitu di Tumpang. Kali ini saya datang untuk berbagi cerita plesir di sumber pitu. Sumber pitu terletak di Desa Duwet Krajan, Tumpang, Kabupaten Malang. Dinamakan sumber pitu karena mata air ini mengalir dari tujuh titik yang berdekatan. Gemercik air terjun dengan 7 aliran yang bermuara ke satu titik mata air adalah pemandangan ajaib yang ditawarkan oleh wisata sumber pitu.

Untuk mencapai lokasi, kita bisa mengambil jalan melalui pasar Tumpang menuju arah kawasan wisata Taman Nasional Bromo hingga kita sampai di desa Wringinanom Kecamatan Poncokusumo, belok kiri dan masuklah kita di kawasan Desa Duwetkrajan.

TIba di lokasi sumber pitu, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati sentuhan kesegaran airnya dengan berenang di kolam alami sumber pitu. Tapi kita harus waspada karena bebatuan yang cukup padat dan berukuran besar tersebar di mana-mana, sehingga kita harus hati-hati jika tidak ingin punggung terluka akibat benturan dengan batu di sana. Sensasi dingin dan segar akan menyambut kedatangan kita saat pertama kali kita menyelupkan anggota tubuh ke kolam air sumber pitu ini.

Nah bagaimana, sudahkah kalian tertarik untuk mengunjugi dua sumber mata air di Malang? Rasakan sensasi berenang dan bermain air yang jernih dan bebas obat kaporit di kolam alami ini. Rasakan juga kenikmatan berenang tanpa takut ancaman ombak datang, merelaksasikan setiap sendi tubuh akibat penat di hari kerja atau kuliahmu. #iniplesirku, bagaimana dengan plesirmu? Jangan lupa berbagi kisah plesir bersama hipwee agar kita semakin menyadari dan berbangga dengan potensi alam milik negeri tercinta, Indonesia