Menurutmu, apa makna sebuah pintu?

Bayangkan jika kamu adalah sebuah rumah, maka peran pintu adalah sebagai jalan untuk masuk atau keluar bukan?Lalu menurutmu apakah sebuah pintu harus selalu ditutup atau kamu lebih suka membiarkan pintu itu dibuka?

Bagiku, baik ada atau tidak ada orang di dalam rumah, sebuah pintu harus selalu kita tutup.

Ditutup agar tidak sembarangan orang masuk ke dalamnya. Bagaimana jika pintu itu sengaja kamu biarkan terbuka? Maka, semua orang, siapapun, bisa saja masuk bukan?

Mungkin untukmu, sebuah pintu tidak perlu ditutup agar orang tahu siapa yang ada di dalam. Tapi bagiku, sebuah pintu haruslah kita tutup agar kita tahu siapa yang akan masuk ke dalamnya.

Aku tidak keberatan kamu membiarkan siapapun masuk ke dalam, baik itu yang baru masuk ataupun yang pernah keluar kemudian ingin masuk kembali. Tapi kamu jangan lupa bahwa selalu ada aku. Meskipun mungkin aku sedang tidak di dalam. Bila mungkin aku sedang pergi sebentar atau aku sedang beristirahat sejenak atau kamu yang sengaja tidak menghiraukan. Kamu harus selalu ingat bahwa aku selalu ada. Dan jangan lupa akan janjimu, untuk selalu bersamaku. Jadi, perihal pintu itu terbuka atau tertutup tidak jadi masalah lagi bukan?