Brunei Darussalam merupakah sebuah negara kecil yang berbatasan langsng dengan bagian negara Malaysia yang juga terletak di Pulau Borneo Kalimantan. Meskipun kecil, Brunei Darussalam merupakan salah satu negara yang kaya di Asia Tenggara. Penduduknya pun jauh lebih sedikit dari negara Indonesia yang memiliki 200 juta lebih penduduk. Brunei Darussalam hanya memiliki 381.371 penduduk yang tinggal di wilayah negara Brunei Darussalam seluas 5765 kilometer persegi. Selain kaya, negara Brunei Darussalam juga dikenal sebagai negara yang makmur karena kesejahteraan rakyatnya dijamin oleh negara yang dipimpin oleh seorang sultan ini. Negara ini juga memiliki standar hidup yang paling tinggi diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya.

PROFILE SINGKAT

Nama resmi : Negara Brunei Darussalam

Lagu kebangsaan : Allah Peliharakan Sultan

Motto : Selalu menuruti arahan Tuhan

Advertisement

Bendera (Warna) : Kuning-Hitam-Putih

Lambang : Komponen Lambang Negara bendera, payungkerajaan, sayap, dua lengan, dan bulan sabit.

Ibu kota negara : Bandar Seri Begawan

Bahasa resmi : Melayu

Pemerintahan : Monarki absolut Islam
– Sultan : Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah

– Pangeran (Putra mahkota) : Al-Muhtadee Billah

Formasi : – Sultan : Abad ke 14
– Akhir Protektor Inggris : 1 Januari 1984

Luas wilayah : – Total : 5.765 km2
– Air (%) : 8.6%

Penduduk : – Perkiraan Juli 2008 : 381,371 jiwa
– Kepadatan : 66/km2

PDB (KKB) : Perkiraan 2007
– Total : $19.640 billion (ke-114)
– Per kapita : $51,000 (ke-5)

IPM (2008) :▲ 0.919 (high) (ke-27)

Mata uang : Brunei dollar (BND)

Zona waktu : (UTC+8)

Lajur kemudi : kiri

Ranah Internet : .bn

Kode telepon : +673

Sumber : Wikipedia

Tempat Wisata Brunei Darussalam

Brunei Darussalam tidak hanya kaya akan minyak dan sumber daya alamnya, ternyata negara yang terletak di pulau borneo kalimantan ini juga memeiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ketike berpelesir ke negeri kesultanan ini. Apa saja tempat wisata yang menarik di Brunei Darussalam? Berikut beberapa tempat wisata menarik di Brunnei Darussalam.

Istana Nurul Iman Brunei Darussalam

Istana Nurul Iman merupakan tempat kediaman Sultan Brunei Darussalam dan juga merupakan simbol kemegahan dari negara ini. Istana Nurul Iman memiliki luas wilayah 200.000 m2, yang di dalamnya memiliki 1788 Kamar, 18 elevator, 110 garasi mobil, 44 tangga, 257 kamar mandi, 5 kolam renang, masjid. Selain itu, di Istana sultan tersebut terdapat banyak koleksi mobil mewah yang berharga milyaran rupiah milik sultan serta kandang kuda beserta kudanya untuk olahraga polo sang sultan.

Masjid Hasanal Bolkiah

Masjid Hasanal Bolkiah terletak di kawasan ibukota Brunei Bandar Sri Begawan, Tepatnya terletak di kampung Kiulap. Hasanal Bolkiah adalah nama sultan Brunei Darussalam yang ke-29 atau sultan Brunei saat ini. Masjid Hasanal Bolkiah merupakan masjid yang cukup megah di Brunei, interiornya dihiasi dengan hiasan keramik yang mewah dan kubahnya dilapisi emas. Tak heran jika Masjid Hasanal Bolkiah menjadi salah satu bangunan termegah di dunia.

Pantai Tutong

Brunei juga memiliki wisata laut ya, Pantai Tutong yang memiliki nama lain Pantai Seri Kenangan ini merupakan pantai yang paling terkenal di Brunei Darussalam, banyak masyarakat menghabiskan waktu libur akhir pekan mereka di pantai ini. Pantai Seri Kenangan memiliki pasir pantai putih yang bersih serta ombak laut yang tidak terlalu besar. Di sepanjang pantai terdapat pohon pinus yang berbarus rapi. Jika bermain di Pantai Tutong, kita akan menemukan aliran air sungai dan air laut saling bertemu. Sungai Tutong terdapat persis di sebelah pantainya.

Masjid Sultan Omar Ali Saefudin

Masjid Sultan Omar Ali Saefudin sebuah masjid yang didirikan pada tahun 1958. Nama masjidnya diambil dari nama sultan ke-28 Brunei yaitu Sultan Omar Ali Saefudin. Letaknya berada di Kampung Ayer, sebuah kampung yang terletak di atas air. Meskipun diutamakan sebagai tempat ibadah, tetapi keunikan arsitektur dari masjid ini membuat siapapun ingin mengunjunginya. Dinding masjid ini dilapisi oleh marmer yang membuat bangunannya terkesan sangat megah. Sama seperti Masjid Hasanal Bolkiah, kubahnya juga dilapisi emas. Arsitektur bangunan ini terinspirasi dari arsitektur Italia yang dipadukan dengan nuansa Islam yang kental.

Kampong Ayer

Kampon Anyer dijuluki sebagai Venice of the East, dan menjadi warisan budaya yang dijaga keasliannya oleh pemerintahan Brunei. Lokasinya tak jauh dari Masjid Sultan Omar Ali Saefudin, karena memang berada dalam satu area yang sama. Kampong Ayer telah ada lebih dari 1.300 tahun lalu. Semua penduduknya tinggal di rumah panggung, di atas sungai Brunei.

Royal Regalia Palace

Royal Regalia Palace adalah sebuah bangunan yang dibangun dalam rangka peringatan pengangkatan Sultan Hasanal Bolkiah sebagai Sultan ke-29 Brunei Darussalam. Di bangunan Royal Regalia Palace terdapat beberapa koleksi-koleksi mewah seperti mahkota, jubah, pakaian kebesaran, sampai peralatan perang. Pada bangunan ini kita dapat menemukan bukti-bukti kemerdekaan negara Brunei Darussalam yang didapatkan pada tahun 1984 dari pemerintahan kolonial Inggris.

Brunei History Centre

Brunei History Centre merupakan bangunan yang dibuat guna memperkenalkan sejarah mengenai seluk beluk negara Brunei Darussalam, kita semakin akan merasakan sebagai warga lokal jika berkunjung ke tempat ini. Di pusat sejarah Brunei ini yang didirikan pada tahun 1982, kita bisa temukan silsilah Sultan Brunei dan keluarga kerajaannya. Juga tentang peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi di negara ini.

Jerudong Park

Jerudong Park merupakan taman bermain seluas 57 hektar milik Brunei merupakan yang termahal di Asia Tenggara. Pembangunannya selama 4 tahun memakan biaya lebih dari 10 triliun rupiah. Terdapat ragam permainan seperti, biang lala, komedi putar, bumper cars, mini golf, water park, dan the musical garden.

Dan itulah pembahasan mengenai negeri kecil tapi kaya Brunei Darussalam, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua terkhusus dapat menjadi pertimbangan bagi kalian yang mau mengunjungi negeri sultan tersebut. Terimakasih

#SalamSukses

#MRioAldino