Hampir semua orang suka sama yang namanya pisang. Alasannya beda-beda. Ada yang karena enak. Ada yang karena sehat. Ada juga yang simply karena merasa pisang adalah pilihan paling tepat dan mudah untuk mengganjal perut saat lapar. Jadi tidak mengherankan kalau banyak dari kita yang sering punya stok pisang di rumah.

Masalahnya, saat pisang terlalu matang, biasanya teksturnya berubah agak ‘benyek’ sehingga agak kurang menggoda untuk dinikmati. Padahal sebetulnya pisang seperti ini masih bagus lho untuk dikonsumsi. Nah, mulai sekarang, kalau pisang di rumah sudah berubah seperti ini, jangan buru-buru dibuang ya, (cukup mantan aja yang dibuang), karena kamu bisa sulap jadi pancake pisang. Selain sehat dan enak, bikinnya juga gampang banget!

Berikut ini resepnya:

2 buah pisang

1 sendok makan brown sugar

Advertisement

1 sendok makan selai kacang

1 butir telur

Caranya:

1. Hancurkan pisang menggunakan garpu. Tidak perlu sampai terlalu halus.

2. Campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan brown sugar, selai kacang, dan telur. Aduk hingga rata.

3. Ambil sesendok adonan dan tuang di atas kertas roti anti lengket sehingga menbentuk sebuah lingkaran (kira-kira diameter 7 cm). Ulangi sampai adonan habis.

4. Panggang 15 menit dalam suhu 180 celcius.

Kalau kamu tidak punya brown sugar di rumah, kamu bisa gunakan gula pasir biasa. Supaya lebih kenyang, kamu juga bisa menambahkan 2 sendok makan oatmeal ke dalam adonan. Dijamin makin enak dan tetap sehat!

Untuk rasa yang lebih kaya, boleh juga lho kamu tambahkan maple sirup atau potongan buah di atas pancake yang sudah jadi. Pancake pisang ini bakal cocok banget buat sarapan atau sekedar teman minum teh sore-sore.

Selamat mencoba!