Nak, jika kamu sudah berumah tangga, janganlah berdebat hal-hal kecil. Rumah tangga memang seperti perahu, lubang kecilpun jika jumlahnya banyak akan membuat perahu semakin berat berjalan, lebih-lebih dia bisa karam, Nak.

Pandai-pandailah berbicara kepada istrimu, masalah yang sama akan berbeda maknanya jika kau pandai menyampaikannya. Apalagi tentang penampilan, perempuan memang sensitif soal itu. Jangan pernah bilang “ dek, tak usahlah beli bedak yang mahal, uangnyakan bisa untuk kebutuhan lain” kepada istrimu. Sekali-kali jangan.

"Perempuan memang punya hati selembut bubur sumsum buatan nenek."

Pintar-pintarlah menggombal. Masalah jika disampaikan dengan gombalan bisa jadi senjatamu menjatuhkan hatinya berkali-kali. Tentang bedak, bilang saja begini

“Dek, abang menikahimu bukan karena kecantikanmu, jika karena itu, mungkin abang sudah menikahi Miss Indonesia atau paling minimal model. Tentang cantikmu, abang punya sudut pandang sendiri. Tidak usah berlebihan dalam berias. Pakai bedak bayi saja, abang sudah tidak ingin mengedipkan mata jika melihatmu”.

Advertisement

Memang seperti itu, nak. Sekali lagi pandai-pandailah. Dan jangan lupa pilih saja yang sederhana maunya.

“Mulailah dengan dia yang mau diajak naik perahu kecil terlebih dahulu. Pastikan juga dia tidak melompat dari perahu, sebelum kau menemukan kapal”. Nanti.