“Saat hidup kadang tidak sesuai rencanamu ingatlah ada sesuatu yang lebih indah yang dijanjikan untukmu!”

Ya sebuah kutipan sederhana yang memang mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk dilaksanakan. Bagaimana tidak? Bagi sebagian orang yang banyak merencanakan hidupnya akan menjadi apa dari waktu ke waktu rencana itu amatlah penting.

Misalnya saja hari ini dia harus pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku, besok dia harus belajar untuk ujian kompre atau bulan ini dia harus sidang dan sarjana. Semua usaha pun dikerahkan untuk mencapai target-target rencana tersebut. Dan juga bagi sebagian orang banyak, yang mengatakan kamu luar biasa, kamu sempurna kamu itu melebihi orang orang yang ada di sekitarmu.

Hal itu tentunya membuatmu optimis dengan semua targetmu, bahkan kamu pun sudah menentukan waktu dan tanggalnya dengan detil.

Namun apa jadinya apabila ternyata rencana mu tidak sesuai dengan yang kamu harapkan? Tentu saja kamu akan sangat stress apalagi rencana tersebut adalah rencana besar dalam hidupmu! Cita-citamu!

Advertisement

Kamu mau stress? Tertekan? Nangis darah? Meronta ronta atau bahkan mau cium tanah pun keadaan itu tidak akan berubah! Bahkan kamu pun menganggap itu kegagalan terbesar dalam hidupmu. Dan kamu hanya terpikirkan akan kegagalan itu sehingga menyalahkan dirimu sendiri.

Hey guys bangkit! Sakit memang sakit banget saat sesuatu yang udah rampung kita rencanakan harus tidak terlaksana.

Tapi ingakah kita bahwa ada perencana yang lebih pandai dan lebih baik dari kita, ya perencana itu adalah sang pencipta kita karena sebagus-bagus rencana kita pasti rencanaNya lah yang lebih indah.

Satu rencana gagal. Stop memikirkan kegagalan itu, ibarat sebuah kertas putih dan setitik noda jangan terpaku pada titik noda itu bukankah masih ada banyak warna putih dari pada noda itu? Yaps, saat satu rencana gagal pikirkanlah rencana apa lagi yang akan kamu lakukan untuk membuatmu baik! Lakukan hal-hal yang lebih baik lagi, kegagalan itu hanyalah sukses yang tertunda! Memang!

Percayalah bahwa rencanaNya lebih indah! Ingat itu bukan hanya sebuah kata-kata bukan, tapi itu adalah sebuah motivasi untuk kita membuat hidup ini lebih indah. Jangan putus asa atas sebuah kegagalan tetaplah semangat dan kalahkan rasa takut juga rasa malu!

Hidupmu itu milikmu bukan milik orang lain bukan milik orang tuamu apa lagi milik pacarmu yang belum sah menjadi imammu.

Selagi kamu masih bisa menghirup udara pagi selama itu pula kamu ukir banyak rencanamu untuk membuatmu lebih baik!